Rute Kargo Shenzhen-Jakarta untuk Ekspor-Impor Produk Segar ASEAN -

Rute Kargo Shenzhen-Jakarta untuk Ekspor-Impor Produk Segar ASEAN


maulanayusuf.com
RuteKargoShenzhen-Jakarta/LPM Industria/freepik.com

lpmindustria.com - Rute Kargo Shenzhen – Jakarta dibuka sebagai rute ekspor-impor dari Asia Tenggara untuk memenuhi kebutuhan dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dilansir dari laman antaranews.com, Maskapai penerbangan Central Airlines Co., Ltd milik Cina mulai membuka jalur penerbangan kargo produk segar dari Shenzhen, Cina ke Jakarta, Indonesia. Penerbangan dibuka di Bandar Udara Internasional Bao'an Shenzhen, Cina Selatan. Jalur kargo tersebut akan beroperasi enam kali dalam seminggu dengan kapasitas angkut lebih dari 120 ton.

Tujuan dibukanya jalur kargo Shenzhen-Jakarta adalah untuk memenuhi kebutuhan produk segar. Pada awalnya, kargo masuk ke Cina adalah untuk pengiriman produk boga bahari atau makanan laut dari Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Namun, untuk kedepannya juga akan mengirim buah-buahan tropis, seperti durian dan pisang. Sementara itu, jalur keluar dari Cina ke negara-negara ASEAN untuk pengiriman kargo produk-produk Shenzhen, seperti barang e-commerce, diantaranya elektronik dan pakaian dari lintas perbatasan serta barang-barang perdagangan umum lainnya.

Setelah pembukaan jalur Shenzhen – Jakarta ini, Bandar Udara Internasional Bao'an Shenzhen resmi menangani hampir 100 penerbangan kargo ekspor dan impor dari negara-negara ASEAN setiap minggunya. Hal tersebut akan mendorong lebih lanjut pertukaran ekonomi dan perdagangan antara Kawasan Teluk Besar (Greater Bay Area) Guangdong-Hong Kong-Makau dengan ASEAN dan negara anggota Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) lainnya.

Dilansir dari laman Xinhua News Net, Cina dan negara anggota ASEAN telah menjadi mitra dagang terbesar pada tahun 2020. Kemudian pada tahun 2022, impor dan ekspor Cina dengan ASEAN mencapai angka sebesar 6,52 triliun yuan (sekitar 937 miliar dolar AS) dengan impor produk pertanian Cina dari ASEAN melonjak sebesar 21,3 persen. Di tahun yang sama, perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok pun meningkat hampir 20 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini di dukung dengan Indonesia sebagai negara yang memiliki ekonomi terbesar dan ibu kotanya adalah kota terbesar di Asia Tenggara.

Perdagangan antara Cina dan ASEAN diperkirakan akan lebih meningkat dengan adanya peluncuran perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang menjadi pakta perdagangan bebas terbesar di dunia. Kemudian dengan adanya implementasi jalur udara Shenzhen-Jakarta, perdagangan Cina dengan ASEAN termasuk Indonesia pun akan menjadi lebih dekat serta kedalaman dan luasnya kerja sama akan mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Lalu selain menjadi pendorong ekonomi, keuntungan adanya jalur kargo ini juga akan menjadi sarana pengiriman cepat bahan segar dari Asia Tenggara ke Shenzhen. Hal tersebut juga diharapkan dapat memberikan pilihan bahan makanan lebih banyak untuk penduduk Shenzhen.

Penulis: Mizan Assyfa Attar
Editor: Rahma Dhini Arifa

Tag:    asean  |  ekspor  |  industri  |  kemitraan  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top