Bencana Alam Angin Puting Beliung Menimpa Masyarakat Bandung-Sumedang -

Bencana Alam Angin Puting Beliung Menimpa Masyarakat Bandung-Sumedang


maulanayusuf.com
Peristiwa Puting Beliung/LPM Industria/bnpb.go.id

lpmindustria.com - Bencana angin puting beliung yang melanda masyarakat Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang berhasil memorak-porandakan bangunan dan jalanan.

Rabu, 21 Februari 2024 terjadi bencana angin puting beliung yang melanda Rancaekek, Kabupaten Bandung dan sebagian wilayah Sumedang. Kejadian ini terjadi pada pukul 16.00 WIB. Dilansir dari antaranews.com terdapat lima kecamatan yang terdampak yaitu Jatinangor, Cimanggung, Rancaekek, Cicalengka, dan Cileunyi.

Saat ini yang tercatat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, 534 bangunan mengalami kerusakan. Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung, Jawa Barat mengirimkan dua tim untuk mengevakuasi dan melakukan pembersihan jalan akibat pohon tumbang dan material yang sempat beterbangan.

Hadi Rahmat selaku Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jawa Barat mengatakan sebanyak 835 kepala keluarga terdampak bencana angin puting beliung ini. Dikutip dari antaranews.com terdapat 413 kartu keluarga di Kabupaten Sumedang dan 422 Kartu Keluarga (KK) di Kabupaten Bandung yang terkena dampak dari bencana ini. Serta 12 warga Kabupaten Sumedang dan 21 warga Kabupaten Bandung mengalami luka-luka.

Sampai saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan tenda darurat dan dapur umum untuk korban bencana alam puting beliung. Selain itu perbaikan rumah warga yang terdampak juga sudah dijamin oleh pemerintah Kabupaten Sumedang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat untuk berhati-hati akan potensi bencana angin puting beliung yang mungkin terjadi akhir Februari 2024.

Penulis : Assya Ummu Habibah
Editor : Lifa Ansyaresti

Tag:    bappenas  |  bencana-alam  |  peristiwa  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top