Banjir Melanda Kecamatan Cempaka Putih -

Banjir Melanda Kecamatan Cempaka Putih


maulanayusuf.com
Banjir di Kecamatan Cempaka Putih/LPM Industria/Dok. Pribadi

Hujan yang mengguyur Jakarta pada kamis pagi tanggal 29 februari 2024 menyebabkan banjir dibeberapa titik Kelurahan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Dilansir dari bpbd.jatimprov.go.id banjir adalah sebuah peristiwa berlimpahnya air ke daratan akibat meluap dan curah hujan tinggi sehingga air tidak dapat diserap cepat oleh tanah atau dialirkan melalui saluran air yang tersedia.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Cempaka Putih menyampaikan terkait terjadinya banjir dibeberapa titik Kelurahan Cempaka Putih. “Terjadinya banjir diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi dan kiriman dari kali utan kayu” ucap Subandi.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terdapat 26 ruas jalan yang tergenang di wilayah DKI Jakarta. Beberapa titik yang terdampak di Kelurahan Cempaka Putih, Jakarta Pusat mencakup Jalan Cempaka Putih Raya, Cempaka Putih Barat, Jalan Cempaka Putih Tengah, dan Cempaka Putih Timur dengan ketinggian air mencapai 40 cm. Selain itu, Jalan Letjen Suprapto di Cempaka Baru juga mengalami banjir dengan ketinggian 30 cm.

Di depan Ruko ITC Cempaka Mas Letjen Suprapto daerah Sumur Batu, banjir mencapai ketinggian 20 cm. Situasi ini menunjukkan dampak dari banjir di Kelurahan Cempaka Putih, mengakibatkan gangguan dan kesulitan bagi warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu dalam penanggulangan banjir di beberapa titik Kelurahan Cempaka Putih, Subandi mengatakan bahwa “Petugas telah diarahkan untuk melakukan penyedotan air dengan pompa air maksimal, berkisar antara 500 meter kubik per detik hingga 1.500 meter kubik per detik”. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi dan mengurangi ketinggian air di wilayah yang terdampak banjir.

Penulis : Muhammad Ardiansyah
Editor : Lifa Ansyaresti

Tag:    banjir  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top