lpmindustria.com, Jakarta – Tim Nasional Indonesia akan menghadapi laga hidup mati melawan tim nasional Filipina pada babak penyisihan Grup A, turnamen dua tahunan sepakbola se-Asia Tenggara AFF SUZUKI CUP 2016. Laga tersebut akan digelar besok malam (22/11) di Stadion Philippines Sports. Timnas garuda wajib menang jika ingin menjaga kans (baca: kesempatan) lolos ke semifinal turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Pada laga pertama, timnas garuda harus menerima kekalahan pertama dari timnas gajah putih yang berlangsung pada hari Sabtu (19/11). Timnas harus puas dengan skor 4-2, dimana kapten timnas Thailand T. Dangda melakukan hattrick pertamanya pada turnamen tersebut. Indonesia mampu mengimbangi permainan tim Thailand, terbukti dengan mampunya Indonesia kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Kurangnya koordinasi antar pemain, khususnya pemain belakang membuat timnas banyak melakukan blunder (baca: kesalahan yang tidak perlu). “Tim bermain bagus, tetapi kami kebobolan gol. Pada babak pertama kami tak menyerah walau tertinggal 0-2. Kami berhasil mencetak 2 gol indah dan membuat pertandingan menjadi terbuka. Mungkin seharusnya kami hanya kalah satu gol, tetapi penampilan Thailand membuat mereka berhak meraih kemenangan,,” ucap Alfred Riedl, saat konferensi pers usai pertandingan melawan Thailand.

Pada laga kedua besok malam, timnas Indonesia akan melawan tim tuan rumah Filipina. Laga ini akan menentukan kans Indonesia untuk lolos ke semifinal. Jika dilihat dari data statistik 5 pertandingan terakhir, Indonesia lebih unggul dengan tiga kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekalahan. Namun, pada laga terakhir Indonesia harus mengakui keunggulan lawan dengan kalah telak 4-0 pada ajang yang sama dua tahun lalu. “Filipina adalah tim bagus, walaupun mereka masih dibawah Thailand. Kami akan berjuang untuk melakukan yang terbaik,” tutur Boaz Solossa, kapten Timnas Indonesia kepada media. 

Berbagai persiapan telah dilakukan timnas asuhan opa Riedl tersebut. Kemarin (20/11) timnas Indonesia melakukan latihan ringan untuk memulihkan kondisi fisik para pemain selama 25 menit, lalu dilanjutkan latihan seperti biasa. “Filipina banyak mengandalkan umpan-umpan silang. Oleh karana itu, Kami berlatih untuk antisipasi serangan seperti itu,” kata Riedl saat ditemui pada sesi latihan. Ketika ditanya mengenai strategi melawan Filipina besok, Riedl enggan berkomentar. Rield menuturkan bahwa strategi yang akan dilakukan tergantung lawan dan siapa saja pemain yang akan kami turunkan. Tapi tentunya akan ada umpan silang dan dikombinasikan dengan serangan lain yang lebih variatif.

Indonesia masih punya kans untuk melaju ke babak selanjutnya. Akan tetapi, Indonesia dituntut untuk menang besok malam. Jika terjadi hasil imbang, maka Indonesia masih punya kesempatan untuk lolos. Meski peluang untuk menang kecil, namun Indonesia mengharapkan dari hasil pertandingan lainnya. Semoga pertandingan esok akan berakhir dengan kemenangan dan membawa garuda terbang tinggi di langit Filipina.

Perkiraan susunan pemain menurut Bola.net :

Indonesia (4-4-2)

Andritani; Abduh Lestaluhu, Fachrudin Aryanto, Yanto Basna, Benny Wahyudi; Rizky Pora, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah; Boaz Solossa, Lerby Eliandry.

Filipina (3-5-2)

  1. Muller; J Cristianes, Amani Aguinaldo, Kenshiro Daniels; Mike Ott, Stephan Schrock, Phill Younghusband, Kevin Ingreso, Iain Ramsay; Manuel Ott, Misagh Bahadoran. (sumber, bola .net)

Saidina Ali Zulfikar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *