lpmindustria.com – Tahun 2016 tentunya sudah terlewatkan, namun perjalanan kisah yang terjadi 2016 tentu menarik jika kita bahas dan dapat dijadikan bahan pembelajaran serta introspeksi bagi kelanjutan tahun 2017 nantinya. Khusus tahun 2016, telah terjadi banyak kisah yang menakjubkan, membanggakan, dan menggemparkan bagi perjalanan politik, sosial, ekonomi, budaya, dan agama di Indonesia. Berikut rangkaian peristiwa menarik yang telah kami pilih dan rangkum berdasarkan aspek dampak yang paling dirasakan oleh masyarakat Indonesia: 

Teror Bom Thamrin (14 Januari 2016)

Terjadi peristiwa menggemparkan, Jakarta sebagai ibu kota Indonesia diteror bom. Hampir seluruh aparat kepolisian dan tentara dikerahkan untuk berjaga di lokasi dua titik pengeboman, yakni daerah dekat Cafe Starbucks dan pos polisi di perempatan jalan dekat Plaza Sarinah. Aparat kepolisian yang dibantu oleh militer yang mencoba mengamankan lokasi, mendapatkan perlawanan berupa tembakan oleh para teroris. Layaknya drama film action, adegan tembak-menembak dan pergerakan aparat dalam upaya melumpuhkan teror berlangsung dramatis. Akhirnya teror ditutup oleh ledakan bunuh diri sang teroris dan penangkapan beberapa tersangka.

 Rio Haryanto Berpartisipasi dalam Balapan F1 (24 Februari 2016)

Tidak hanya ajang olahraga bulu tangkis yang dapat ikut serta dalam kejuaran dunia. Kini, Rio Haryanto anak bangsa Indonesia membuktikan bahwa Indonesia juga dapat bersaing di kejuaraan jet darat dunia. Perjalanan Rio hingga hadir di ajang Formula One (F1) tidaklah mudah. Kendala pendanaan sponsor menjadi faktor utama. Melalui banyak dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak khususnya Kementerian Pemuda dan Olaharaga serta sponsor besar Pertamina berhasil mengantarkan Rio untuk ikut bersaing dalam kompetisi tersebut. Pendanaan nampaknya masih menjadi kendala utama Rio, di akhir bulan Oktober 2016 perjuangannya harus terhenti dikarenakan tidak memiliki banyak biaya sponsor untuk berpartisipasi dalam balapan Formula One (F1). Kendati demikian, banyak apresiasi yang diberikan masyarakat Indonesia atas perjuangan Rio Haryanto karena telah mengharumkan nama Indonesia dalam kancah dunia.

 Demam Pokemon Go (8 Juli 2016)

Game Pokemon Go resmi rilis di Indonesia, awalnya game ini sempat diterpa isu miring bahwa game buatan Yahudi tersebut dapat membahayakan rahasia peta lokasi suatu negara. Terlepas dari isu yang beredar, game yang berformat Augmented Reality besutan Niantic sangat digemari masyarakat Indonesia. Pada game ini, memungkinkan setiap orang untuk menangkap Pokemon di beberapa tempat di sekitar mereka layaknya seorang “Penangkap Pokemon” di dunia nyata.

 Kasus Kopi Sianida (27 Oktober 2016)

Kasus kematian Wayan Mirna Salihin menjadi salah satu rangkaian drama panjang yang sering diperbincangkan sepanjang tahun 2016. Rasa penasaran publik yang tinggi membuat kasus ini menjadi sajian yang menguntungkan dan dijadikan headline bagi banyak media, khususnya media pertelevisian yang memberikan porsi lebih terhadap drama kopi sianida. Akhir drama kasus sianida berbuah 20 tahun hukuman penjara bagi tersangka pembunuhan Jessica Kumala Wongso.

Aksi Damai 1411 & 212 (14 November dan 2 Desember 2016)

Jakarta Pusat. Aksi damai ini merupakan buntut dari proses penangkapan yang tidak cepat tanggap oleh aparat kepolisian terhadap terduga penista agama Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Sempat diisukan aksi akan berlangsung ricuh dan merusak, padahal pada kenyataanya aksi damai menjadi aksi yang paling damai dalam catatan sejarah aksi di Indonesia. Berbagai foto menunjukan, aksi tersebut dihadiri oleh lebih dari 7 juta manusia yang berkumpul di pusat aksi damai dan tergambar pula kondisi yang nampak bersih setelah aksi damai berakhir. Aksi tersebut juga mendapatkan banyak apresisasi karena tidak adanya kerusakan yang ditimbulkan oleh para pendemo.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *