lpmindustria.com – Teknologi Jaringan Generasi Keempat (4G) kian banyak digunakan di Indonesia. Belum genap dua tahun setelah diluncurkan, kini para vendor telekomunikasi tengah mengembangkan teknologi jaringan Generasi Kelima (5G). Dikatakan teknologi 5G akan lebih baik dari teknologi sebelumnya.

Teknologi telekomunikasi di Indonesia kian berkembang. Saat ini, industri telekomunikasi teknologi jaringan di Indonesia sudah masuk ke generasi keempat (4G). Walaupun penggunaannya masih terbatas di Kota-kota besar seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sekitarnya. Keberadaannya semakin digandrungi para pengguna internet karena kecepatannya melebihi jaringan 3G/2G. Kini, beberapa provider terus memperluas jaringan 4G dan mengembangkan teknologi jaringan selanjutnya, yaitu 5G.

5G merupakan teknologi jaringan mobile kelima dengan kecepatannya 12 kali lebih cepat dari 4G. Jaringan ini memiliki kecepatan koneksi data yang cukup tinggi meski sedang berada di dalam kereta yang melaju dengan kecepatan sampai 500 Km/jam. Selain itu, 5G mampu melakukan download film dengan kapasitas 800 MB dalam waktu sedetik saja. Sementara 4G membutuhkan waktu sekitar 40 detik untuk melakukan hal yang sama.

“Keberadaan 5G di Indonesia masih dalam tahap pengembangan. Salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel telah melakukan uji coba dengan mengakses data kecepatan lebih dari 1 Gbps. Ini satu langkah menuju implementasi 5G di Indonesia,” ungkap Sukardi Silalahi sebagai perwakilan Telkomsel saat ditanya oleh wartawan CNN Indonesia di Jakarta

Uji coba yang dilakukan kali ini, Telkomsel menggandeng salah satu perusahaan teknologi jaringan asal Tiongkok, yaitu Huawei. Kerja sama antar perusahaan telekomunikasi ini, menggabungkan antenna 4×4 Multiple-Input Multiple-output (MIMO), modulasi 256-Quadrature Amplitude Modulation (QAM) dan LTE Licensed-Assisted Access (LAA). “Gabungan inovasi tersebut memberikan pengalaman konsumen dalam mengakses data akan jauh lebih baik. Ini menandai awal lingkungan berkecepatan gigabyte per second (Gbps) dimana konsumen akan menikmati pengalaman mobile broadband yang lebih baik dan cepat,” ujar Sun Xiwei selaku perwakilan perusahaan teknologi Huawei di Indonesia, yang dikutip dari acara berita Teknologi CNN Indonesia

Kini, Teknologi 5G baru dapat diterapkan di negara-negara maju seperti Korea Selatan, Jepang, dan Amerika. Sedangkan Indonesia di targetkan baru bisa menikmati teknologi ini di tahun 2020 nanti. Berbagai faktor penunjang seperti infrastruktur teknologi jaringan 5G sudah dapat diterapkan di Indonesia. Namun, perangkat telekomunikasi dengan kategori Cat 9 (baca: kecepatan operator) yang ada di dalam negeri saat ini belum banyak tersedia. Alangkah lebih baik, untuk saat ini Indonesia lebih berfokus pada pemerataan jaringan 4G. Hal ini dikarenakan 63,1 juta jiwa telah memanfaatkan mobile internet untuk kebutuhan sehari-hari.

Anita Karyati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *