lpmindustria.com –┬áPada 22 April 2017 lalu, HPA Tradyakala Politeknik STMI Jakarta mengadakan seminar Hari Bumi dengan mengangkat tema “Bumi Kita adalah Harta Karun Kita” dalam rangka memperingati momen perayaan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April.

HPA Tradyakala belum lama ini mengadakan seminar Hari Bumi dengan mengangkat tema “Bumi Kita adalah Harta Karun Kita” di Gedung A lantai 7, Politeknik STMI Jakarta. Seminar ini dihadiri oleh pemateri yang telah lama berkecimpung dalam berbagai program penyelamatan bumi diantaranya, Dr. Arif Zulkifli Nasution seorang konsultan dan energi. Kemudian Riza V Tjahjadi selaku pakar pengelolaan sampah nasional Walhi, dipandu oleh seorang moderator Hadian Hamzah M.IL Grand Finalis Green Hilo Green 2016. Selain itu, Anisa Malati traveler cantik sekaligus presenter Jejak Petualang Trans7.

Beragam permasalahan yang dihadapi bumi dewasa ini dibahas seperti, masalah sampah nasional, pengelolaan sampah yang efektif, dan beragam dampak positif negatif. Bumi adalah harta karun yang dimanfaatkan bukan untuk saat ini saja, namun ke masa mendatang. Teknologi pengelohan limbah elektronik dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah juga menjadi salah satu solusi dalam melestarikan lingkungan.

Adanya teknologi ramah lingkungan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap makhluk hidup hingga biota laut di bumi. Permasalahan yang sering kali terjadi yakni perusahaan yang tidak mau bertanggung jawab atas limbah yang dihasilkan.

Solusi yang paling efektif adalah local wisdom (kearifan lokal). Kebiasaan masyarakat lokal harus terus dipertahankan agar terus lestari sumber daya alam dan sekitarnya dari pengaruh eksternal.

Imas Listyaningsih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *