lpmindustria.com – Polusi menjadi suatu permasalahan yang dinilai sulit untuk diatasi. Polusi merupakan permasalahan klimaks tiada hentinya. Berbagai jenis polusi di bumi ini semakin meningkat seiring pertambahan penduduk dan pola hidup manusia. Namun, kini polusi dapat bermanfaat, yaitu dengan adanya tinta berbahan dasar polusi yang dapat menjadi solusi.

Polusi udara merupakan suatu kondisi dimana udara tercemar oleh zat yang akan merusak lapisan atmosfer. Dampak yang buruk bagi kesehatan membuat polusi udara harus diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Berangkat dari hal tersebut, sebuah perusahaan di India bernama Graviky Labs memberikan  solusi baru. Perangkat yang bernama Kaalink telah diciptakan untuk mengubah polusi udara kendaraan menjadi sebuah tinta.  Tinta berbahan dasar polusi udara tersebut diberi nama AIR-INK. Penggunaan AIR-INK sebanyak 30 mililiter (ml) sama saja menghilangkan 45 menit polusi udara. “Perangkat kami dirancang sebagai perpaduan yang cerdas antara sensor elektronik, aktuator mekanik, dan sistem pengumpulan,” kata Co-Founder MIT Anirudh Sharma, dikutip dari Republika.co.id.

AIR-INK terbuat dari polusi udara partikulat yaitu jelaga karbon yang tidak terbakar. Biasanya terlihat keluar dari knalpot kendaraan, cerobong asap, generator dan masih banyak lagi. Terdapat tiga tahap dalam proses pengolahan yang dilakukan. Pertama, perangkat Kaalink dipasang pada knalpot kendaraan atau generator agar dapat menangkap jelaga (baca: butiran arang halus dan lunak yang terjadi dari asap berwarna hitam) yang terpancar dari kendaraan. Kedua, setelah terkumpul, jelaga diolah melalui proses eksklusif agar unsur logam dan karsinogen hilang. Ketiga, pigmen karbon digunakan untuk membuat berbagai jenis tinta dan cat.

Penggunaan alat Kaalink mampu menangkap hingga 93%  dari polusi yang dihasilkan dari pembakaran. Selain itu, dengan menggunakan alat Kaalink dalam proses pembuatan tinta membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menyaring asap knalpot dan menghasilkan tinta sebanyak 10gram. (Republika.co.id dan Detik.com)

Perbandingan kualitas tinta AIR-INK setara dengan tinta cetak berkualitas tinggi.  Tinta tersebut nantinya dapat dijual secara langsung kepada konsumen atau pun melalui industri. “Saat ini Kaalink masih dalam tahap pengembangan. Untuk benar benar efektif, sistem perlu ditingkatkan secara signifikan dan didukung oleh fasilitas pengolahan yang baik.” Ungkap Sharma, dikutip dari Republika.co.id.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan Air-ink telah digunakan oleh para pelukis dan seniman jalanan. Manfaat besar yang ditawarkan AIR-INK tak lantas meninggalkan kekurangan yang ada. Alat Kaalink saat ini hanya mampu mengolah asap yang berasal dari kendaraan saja. Perusahaan Graviky Labs berharap agar tidak hanya dapat mengubah nilai asap kendaraan, tetapi polusi udara dari jenis lainnya seperti mendaur ulang asap cerobong dan asap hasil industri dari berbagai ukuran dan skala. Harapan tersebut tentunya diiringi dengan pengembangan alat Kaalink secara terus – menerus agar pengolahan polusi tidak hanya dari kendaraan saja sesuai dengan harapan dari Graviky Labs.

Fifi Arum Wijayanti

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *