lpmindustria.com – Mengusung tema “Rise Of The Future Mobility” GIIAS (Indonesia Internasional Auto Show) dapat menjadi ajang yang mewakili gerak langkah GAIKINDO dalam membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) adalah pergelaran otomotif yang diadakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). GIIAS 2017 ini adalah pergelaran GAIKINDO yang ke-25 semenjak pertama kali diadakan pada tahun 1986 dengan nama GAIKINDO Motor Show. Pada tahun 2006 pergelaran otomotif ini diakui oleh Organisation Internasionale des Constructeurs d`Automobile (OICA). Tahun ini merupakan tahun kedua GIIAS melaksanakan pergelarannya selama 10 hari dari tanggal 10 s.d 20 Agustus 2017 bertempat di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai, Tanggerang Selatan. Dalam pelaksanaannya, GAIKINDO bekerjasama dengan PT. Sevent Event sebagai Event Organizer.

Pada GIIAS 2017 nampak terlihat jelas persaingan ketat dikategori Passenger Car dengan menghadirkan 32 pabrikan anggota GAIKINDO. Dalam kategori ini, beberapa pabrikan berlomba-lomba untuk memperlihatkan model terbarunya, seperti di level Sedan Luxury yakni Mercedes dengan Mercedes-Benz E-Class 2017 mengusung fitur Parking Pilot menggunakan smartphone sebagai remote-nya. Tidak mau kalah dengan rivalnya, BMW dengan All New BMW Seri 5 dengan fitur “Semi Otonomus” yang belum lama lauching (peluncuran) di Jepang. Tidak ketinggalan persaingan ketat terjadi pada level Low MPV dengan hadirnya pendatang baru dari negeri tirai bambu yaitu Wuling Motors dengan mobil Wuling Confero S yang memiliki harga jual sedikit diatas mobil LCGC, namun fiturnya cukup lengkap dan mampu bersaing. Namun siapa sangka, Mitsubishi pun juga meluncurkan jenis mobil yang sama yakni Mitsubishi Xpander yang memiliki fitur keselamatan seperti ABS (Antilock Braking System) dan EBD (Electronic Braking Distribution).

Berlanjut pada kategori Motorcycle roda dua yang juga cukup bersaing antar pabrikannya. Diawali dengan persaingan antara Honda dan KTM pada tipe Sport 200 cc yakni Honda CBR 250 dengan salah satu rivalnya KTM RC 200. Tidak ketinggalan persaingan juga terjadi antara Ducati dan Benelli pada tipe Scrambler yakni Ducati Scrambler dengan Benelli Leoncino yang merupakan model terbaru dari Benelli. Yang mengesankan adalah hadirnya pabrikan motor asal Rusia yakni Ural Motorcycle dengan motor bergaya klasik khas kendaraan perang World War II.

Tidak hanya kendaraan pribadi yang ditampilkan, namun juga kategori Commercial Vehicles seperti Bus dan Truck hadir dalam pergelaran ini. Diantaranya yakni TATA Motors, Isuzu, Hino, DFSK, UD Trucks, Mitsubishi Fuso, Hyundai Truck & Bus, FAW. Dalam kategori ini tidak disangka Hyundai yang dikenal sebagai produsen kendaraan roda empat Indonesia ternyata meluncurkan pula kategori Commercial Vehicles seperti Hyundai Xcient dalam bentuk Dumb Truck. Lalu yang menarik adalah Hino yang menampilkan Truck Hino 500 pemenang Rally Dakar tahun 2011 silam.

https://www.instagram.com/p/BX2tZPtgEVw/?taken-by=lpmindustria

Ahmad Raka Zulfikar

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *