Judul: Menentukan Arah

Penulis: Kurniawan Gunadi & Aji Nur Afifatul Hasna

Cetakan: Pertama, September 2016

Penerbit: Langit-langit

ISBN: –

Halaman: 102 Halaman

Jenis Buku: Nonfiksi

Harga: Rp.52.000

Dimensi: 135X200 mm

Menentukan Arah adalah anak ketiga dari Kurniawan Gunadi, setelah buku Hujan Matahari dan Lautan Langit. Namun berbeda dengan dua buku sebelumnya, pada buku ketiganya ini Kurniawan Gunadi berkolaborasi dengan sang istri yaitu Aji Nur Afifah. Awalnya, buku ini hanya diterbitkan sekali sebagai kado pernikahan. Namun, Kurniawan Gunadi dan sang istri mencetak ulang buku dengan tampilan yang berbeda dan membagi ceritanya kepada para penikmat tulisannya.

Buku ini berisi catatan sudut pandang penulis tentang kehidupan. Juga tentang bagaimana penulis memandang hal-hal yang selama ini menjadi kekhawatiran, juga harapan. Menentukan Arah terbagi kedalam beberapa bab yaitu, Berjuang, Pencarian, Sepakat, Perayaan, Makna Pernikahan, Pasangan, Keluarga, Anak, Harta, Rumah, Menentukan Arah dan Jejak-jejak Perjalanan. Seperti yang tertuang dalam kutipan berikut, “Jatuh cintalah dengan seseorang yang aman. Seseorang yang akan menjaga cintamu dengan iman” (Halaman 20).

Pada bagian belakang, buku ini juga menyajikan kumpulan kutipan-kutipan yang menarik untuk dibaca. Seperti pada bagian terakhir buku ini ditutup dengan kata-kata indah dari Mutia Prawitasari. “Berterimakasihlah kepada yang pernah datang dan mengetuk pintu hatimu. Dia adalah orang baik yang mau memperjuangkanmu, bahkan saat kamu tidak percaya kamu layak diperjuangkan. Berterimakasihlah kepada yang melepaskanmu. Dia adalah orang baik yang tak ingin terus berdiri di depan pintu dan menghalangi yang kelak membukanya”

Karena buku ini ditulis oleh dua penulis yang berbeda, tentu ciri khas bahasa yang digunakan dari tiap cerita juga berbeda. Apalagi bagi penikmat tulisan Kurniawan Gunadi, pasti sudah paham bagaimana ciri khas tulisannya dalam bercerita. Meskipun begitu, dalam tiap bab ada keterangan nama penulis yang memudahkan pembaca untuk mengidentifikasi apakah ini tulisan Kurniawan Gunadi atau istrinya.

Kelebihan buku menentukan arah ini adalah setiap bab dalam buku Menentukan Arah menginspirasi para pembacanya, karena ketika membaca karya beliau selalu tersirat makna kehidupan didalamnya. Buku ini di produksi dengan jumlah banyak, namun disajikan dengan tampilan yang berbeda antara cetakan pertama dengan cetakan selanjutnya, tampilan buku dengan degradasi warna membuat buku terlihat sederhana namun dengan isi yang sangat luar biasa memotivasi para pembacanya.

Kekurangan dalam buku ini yaitu mungkin dari isi buku yang kurang berwarna, bagi seorang yang kurang suka membaca akan merasa kurang tertarik jika melihat dari isi buku yang tidak berwarna, namun jika sudah membaca isi bukunya dari awal, pembaca akan merasa kecanduan untuk membaca bukunya sampai akhir. Buku ini sangat dirokemdasikan untuk para pembaca yang sedang menentukan arah kehidupannya.

Erta Darwati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *