lpmindustria.com – Pada tanggal 16 Oktober 2017, akan diadakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta. Segala hal telah dipersiapkan, salah satunya ialah pembuatan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, yaitu Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, akan dilaksanakan paling lambat tanggal 16 Oktober 2017. “Secara Administrasi, waktu pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) sudah kami serahkan ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Indonesia. Beliau yang sudah atur tanggal hari dan jam, ” jelas Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) saat dilansir dari Liputan6.com. Perlu diketahui, bahwa masa jabatan Djarot Saiful Hidayat berakhir pada pukul 24.00, 14 Oktober 2017. Mengingat tanggal 15 Oktober 2017 merupakan hari libur, maka pelantikan jatuh pada tanggal 16 Oktober. “Pelantikan sekelas gubernur, wali kota, bupati, harus diselenggarakan pada hari kerja,” pungkas Sumarsono, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. Jika pelantikan diadakan tanggal 16 Oktober, maka tanggal 15 Oktober akan terjadi kekosongan jabatan. Untuk mengisi kekosongan tersebut, Kemendagri menugaskan Sekda Saefullah untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Untuk tempat pelantikan, sudah dipastikan akan diadakan di Istana Negara. “Tempat pelantikan sudah diagendakan, yaitu di Istana oleh Presiden dan biasanya akan dilaksanakan pada pukul 10.00,” Jelas Sumarsono. Pada acara pelantikan nanti, akan berisi serangkaian kegiatan seperti pernyataan sumpah jabatan kepada presiden dan penandatanganan pakta integritas. “Acaranya seperti pelantikan pada umumnya, yaitu pelantikan dengan menyatakan sumpah dan janji jabatan di depan presiden. Kemudian dilanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas. Ditambah adanya sesi foto dengan Presiden,” tutup Sumarsono pada laman Liputan6.com.

Mengenai pakaian yang akan digunakan Gubernur dan Wakil Gubernus pada saat pelantikan, Thio Ahmad Hendra pemilik Chiu Taylor dipercaya sebagai penjahit PDU. Alasan Thio Ahmad Hendra dipercaya untuk membuat PDU ialah kemampuannya yang sudah dipercaya menjadi langganan pegawai DKI. Bahkan, Thio Ahmad Hendra juga pernah menjahit pakaian untuk Wakil Gubernur Jakarta sebelumnya. “Saya pernah menjahit pakaian dinas wakil – wakil gubernur. Saya sudah lupa namanya, karena puluhan tahun lalu. Saya juga sering terima pakaian dinas Pemerintah Daerah (Pemda) DKI sejak 1927” ungkap Thio Ahmad hendra kepada Kaltim Tribunnews.

Selain persiapan yang seremonial, menjelang pelantikan ada hal-hal yang perlu dilakukan seperti sinkronisasi program kerja lama dengan yang baru. Selama proses sinkronisasi pun, Sandiaga Uno selaku Wakil Gubernur yang baru menyatakan, bahwa proses berjalan lancar dan tidak ada kendala. “Proses ini sangat mulus, sangat terbuka, dan bersahabat. Kita ucapkan terima kasih kepada Pak Djarot dan seluruh jajarannya, yang dalam waktu enam bulan terakhir bekerja keras untuk menyelesaikan PR-PR pembangunan Jakarta,” tutup Sandiaga Uno.

Fandi Prasetio

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *