“Adhista, tunggu saya,”

“Cepet na’e,”

Nama Ku Alka. Langit saat ini sepertinya mulai memerah. Tak perlu bertanya, aku dan sahabat ku Adhista segera menuju sekolah. Bukan karena ada sekolah sore. Aku pergi ke sekolah untuk menyelesaikan hukuman.

Guru ku menyuruh untuk membawa beberapa hasil perkebunan. Biasanya durian. Entah apa yang mereka suka. Padahal baunya sangat menyengat. Setelah mendapat hukuman, aku langsung pergi ke kebun Bli Bli Widia Astika. Dia adalah pamanku yang baik. Di kebun aku bermain, bercanda, dan juga belajar macam-macam sayuran. Tidak jarang aku ikut membantu merawat perkebunan Bli Widia.

Setelah selesai dari perkebunan. Aku segera membawa beberapa durian, aren dan kelapa untuk diberikan kepada guru ku. Aku tak masalah dengan itu. Toh, aku suka diberi hukuman. Hukuman ini ku dapat tadi pagi. Bahkan, sering aku mendapatkannya. Biasanya aku terkena hukuman karena datang terlambat. Aku tak suka belajar di kelas. Membosankan. Jadi, aku terlambat saja.

Aku yang merupakan siswi dari SDN 2 Tenganan di Bali, lebih suka membuat kerajinan. Entah melukis kain atau seni ukir. Selain itu, aku juga suka berkebun. Di desa ku ini terdapat komplek perkebunan dan persawahan yang luas. Sehingga mudah saja bagi ku untuk membantu di perkebunan.

Ilustrasi Lukisan Alka

Di perkebunan aku lebih terasa bebas. Pakaian yang dipakai tidak harus seragam. Tidak ada pula bilik-bilik yang membatasi. Terkekang rasanya. Masa harus dibatasi dan semuanya harus seragam. Makanya aku lebih suka telat sekolah seperti tadi pagi.

“Alka, kamu telat lagi?! Apa kau tak bosan setiap hari telat?”

“Hehe, tadi nunggu orang ngangon kebo bu,”

“Kamu ini, selalu saja ada alasan. Ya sudah, kalau begitu tolong bawakan sayuran. Terserah mau dari mana saja. Cari yang masih segar ya,”

Setelah itu, pasti aku pergi ke kebun Bli Widia. Bagi orang lain mungkin hukuman itu menakutkan. Bagiku, perintah hukuman itu seperti kalimat “Saatnya Sekolah Alka!”

Muhammad Abdul Hakim Faqih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *