lpmindustria.com – Keseruan pertandingan klub papan atas Eropa dalam perempat final Liga Champions, kembali menyuguhkan pertandingan bergengsi. Klub-klub elit yang mewakili negaranya di Liga Champions berasal dari Spanyol, Italia, Jerman, dan Inggris.

Liga Champions UEFA, merupakan sebuah kompetisi sepak bola bergengsi antarklub yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya, liga ini diselenggarakan oleh Union of European Football Associations (UEFA) yang diikuti oleh berbagai klub divisi tertinggi Eropa. Pada tahun 2018, Liga Champions telah memasuki putaran perempat final. Klub-klub yang berlaga dalam putaran perempat final Liga Champions kali ini merupakan klub besar dari masing-masing negara terkuat sepakbola Eropa, seperti FC Barcelona, Real Madrid FC dan Sevilla FC mewakili Spanyol, AS Roma dan Juventus dari Italia, Liverpool FC dan Manchester City FC dari Inggris, serta Jerman yang hanya diwakili oleh FC Bayern Munchen.

Klub-klub yang lolos perempat final Liga Champions memulai laga pertama pada hari rabu dan kamis waktu Indonesia. Pertandingan pertama yang digelar pada hari rabu mempertemukan klub dari Italia dengan klub dari Spanyol, Juventus FC vs Real Madrid FC. Kemudian pada hari yang sama Sevilla FC menghadapi klub besar Jerman, FC Bayern Munchen. Pada pertandingan yang digelar hari kamis, mempertemukan FC Barcelona dengan AS Roma. Kemudian, dilanjutkan pertadingan yang mempertemukan wakil Inggris Liverpool FC vs Manchester City FC. Berikut merupakan ringkasan pertandingan sengit perempat final pada pertandingan pertama (leg pertama) ajang bergengsi ini.

Urutan Perempat Final
  1. Sevilla FC vs FC Bayern Munchen

Pertandingan antara Sevilla FC melawan FC Bayern Munchen berlangsung di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla pada Selasa (3/4/2018) waktu setempat. Sebelum pertandingan, Vincenzo Montella sebagai pelatih Sevilla FC menyatakan, “Bayern terbiasa mencetak banyak gol, untuk menguasai bola. Kami harus melakukan hal yang sama maka, kami membuat mereka melakukan hal-hal yang tidak biasa mereka lakukan,” kata Montella kepada para pewarta pada Senin (2/4/2018) pada laman bola.bisnis.com. Pertandingan yang cukup ketat, dimulai Tuan Rumah Sevilla mencetak gol pertama melalui Pablo Sarabia (32’), yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri, kemudian dituntaskan dengan kekuatan kaki kirinya, skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Sevilla. Tidak lama kemudian, hal merugikan terjadi pada Sevilla, ketika gelandang Munchen Ribery melesatkan umpan pada kotak penalti, gelandang Sevilla yaitu Navas berupaya menghalau bola, namun hal yang terjadi melainkan bola mengarah pada gawang sendiri dan terjadinya bunuh diri. Hal ini terjadi pada menit ke 37 sehingga skor menjadi 1-1 hingga turun minum babak pertama. Pada babak kedua, kedua tim saling melakukan serangan balik. Namun tidak ada terciptanya gol bagi kedua tim. Barulah pada menit 68, Bayern Munchen mencetak gol melalui umpan lambung Ribery yang dimanfaatkan dengan baik Thiago Alcantara melalui tandukannya, skor menjadi 1-2 untuk keunggulan Bayern Munchen. Skor ini terus bertahan hingga babak kedua usai. Upaya strategi Montella untuk mencetak banyak gol pada laga melawan Bayern Munchen gagal. Namun harapan masih ada pada leg kedua, yang akan dilaksanakan pada Kamis (12/4/2018).

  1. Juventus FC vs Real Madrid FC

Pertarungan Leg pertama antara Juventus dengan Real Madrid pada Rabu (4/4/2018) di Allianz Stadium, menjadi pertarungan yang penuh kejutan. Bintang Real Madrid FC, Cristian Ronaldo menggemparkan penonton yang menyaksikan laga tersebut. Bagaimana tidak, hanya berselang tiga menit dimulainya babak pertama, Ronaldo berhasil mencetak gol ke gawang Juventus, membuat Juventus tersentak akan gol cepat dari Ronaldo. Kejadian tersebut membuat Juventus harus bisa lebih fokus terhadap pertandingan, Real Madrid unggul satu gol hingga babak pertama usai. Walaupun tertinggal, Juventus tetap bermain dengan agresif pada babak kedua. Namun, hal tersebut  harus buyar ketika terjadi gol indah dari Ronaldo yang kembali mencetak namanya pada papan skor (64’), dengan gol indahnya yaitu salto yang gagal dijangkau oleh kiper Buffon, skor menjadi 0 – 2 untuk keunggulan Real Madrid FC. Goal yang diciptakan oleh Cristian Ronaldo menuai banyak pujian dari para penggemarnya, bahkan disebut-sebut menjadi gol terbaik Liga Champions edisi kali ini. Malapetaka kembali terjadi pada Juventus, Dybala diusir wasit lantaran telah mengoleksi dua kartu kuning, yang mengakibatkan Juventus harus bermain dengan 10 orang. Meskipun Dybala membuat kesalahan, Massimiliano Allegri sebagai pelatih Juventus tetap memberikan apresiasi terhadapnya. “Tidak beruntung, kartu merah memberikan pengaruh terhadap performanya. Tapi menurut saya, itu adalah salah satu permainan terbaiknya. Saya pikir dia sedang berkembang, terutama dalam level Eropa,” tuturnya dalam konferensi pers jelang laga melawan Benevento, dilansir pada laman bola.com. Pada menit 72, Marcelo Vieria mencetak gol penutup sekaligus mengantarkan jawara Spanyol tersebut meraih kemenangan tiga gol tanpa balas terhadap Juventus.) Pelaksaaan pada leg kedua akan berlangsung pada Kamis (19/4/2018).

  1. FC Barcelona vs AS Roma

Pertandingan yang digelar pada hari Kamis (5/4/2018), mempertemukan tim raksasa Spanyol, FC Barcelona melawan wakil dari Italia lainnya, AS Roma yang digelar di Camp Nou. Dalam pertandingan ini, Barca tampil mendominasi menguasai pertandingan, terlihat pada penguasaan pertandingan oleh barca yaitu 57 persen. Pertandingan ini berbuah hasil dengan skor 4 – 1 yang mana dimenangkan oleh tim raksasa Spanyol. Kemenangan berawal dari tertinggalnya AS Roma pada babak pertama, dengan gol bunuh diri Daniele De Rossi yang mengakibatkan Roma tertinggal satu gol di babak pertama. Pada babak kedua gol bunuh diri dari AS Roma pun terjadi kembali oleh Kostas Manolas (55’), skor menjadi 2 – 0 untuk keunggulan Barcelona. Keadaan semakin memburuk ketika Gerard Pique menyumbangkan namanya dipapan skor untuk Barcelona pada menit 59. Usaha AS Roma dalam pertandingan ini akhirnya berbuah manis, AS Roma berhasil mengecilkan ketertinggalannya dengan mencetak gol (80’) oleh Edin Dzeko yang mengubah skor menjadi 3 -1. Pertandingan ditutup oleh Luis Suarez (87’) yang berhasil mencetak gol untuk barca, yang menjadi kemenangan pada Leg 1 yaitu 4 – 1. Eusebio Di Francesco selaku pelatih AS Roma menilai bahwa, AS Roma kurang efektif dalam pertandingan. “Apa yang saya sesali adalah kami kurang efektif dalam penyelesaian akhir. Ketika menciptakan begitu banyak peluang melawan Barcelona, Anda juga mesti bisa mencetak lebih banyak gol,” tutur Di Francesco pada dikutip BolaSport.com. Pertandingan kedua (Leg kedua) akan dilaksanakan pada Rabu (11/4/2018).

  1. Liverpool FC vs Manchester City FC

Duel Liverpool melawan City pada leg pertama yang dilaksanakan pada Kamis (5/4/2018) di Stadion Anfield, membuat City tidak berkutik dihadapan pendukungnya Liverpool. Terbukti pada ketatnya penjagaan Kevin de Bruyne yang biasa menjadi penggerak serangan pada City ternyata tidak dapat bergerak banyak. Mohamed Salah sebagai penyerang dari Liverpool, menjadi orang pertama yang mencetak gol pada pertandingan tersebut (12’), dengan memanfaatkan kesalahan kyle Walker, dengan tenang Mohammed Salah menendang bola kearah gawang City, skor 1 – 0 pun tercetak. Pertandingan pada leg pertama ini sangat dimanfaatkan dengan baik oleh Liverpool, gol terjadi kembali melalui sepakan kaki kerasnya Alex Oxlade-Chamberlain dari luar kotak penalty (20’), mengubah skor menjadi 0 – 2. Kemudian, serangan Liverpool kembali membuat jarak antar skor kian menjauh, melalui tandukan tajam Sadio Mane (31’) yang tidak dapat dihalau oleh kipper City, membuat skor menjadi 0 – 3 sekaligus bertahan hingga full time 90 menit. Kekalahan Manchester City oleh Liverpool pada leg pertama, berakibat beratnya pada pertandingan leg kedua untuk menang, yang akan dilaksanakan di Etihad Stadium pada Rabu (11/4/2018). “Kekalahan ini membuat peluang untuk lolos menjadi sulit, tetapi kami masih memiliki keyakinan,” ucap Pep Guardiola, manajer Manchester City, kepada BBC (Lansiran kompas.com).

Fandi Prasetio

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *