lpmindustria.com – Pada kompetisi AFC 2018, Indonesia mendapat slot untuk mengirimkan dua klub sebagai perwakilannya, yaitu Bali United dan Persija Jakarta. Selain persaingan yang ketat dan menegangkan, berbagai kejutan kerap mewarnai pertandingan kedua klub tersebut untuk memastikan lolos dan menjadi puncak klasemen di fase grup.

Kejuaraan Sepakbola Piala AFC Cup merupakan kompetisi sepak bola tahunan paling bergengsi peringkat kedua antar klub regional untuk kawasan negara-negara di Asia. Klub yang mengikuti AFC Cup ditentukan oleh syarat dan penilaian langsung oleh Asian Football the Confederation (AFC) yang didasarkan pada Club Licencing Regulations (CLR). Beberapa kriterianya seperti profesionalisme, keuangan klub, system pelayanan, infrastruktur, dsb. Setiap klub yang memuncaki klasemen grup pada AFC Cup maka akan menjadi perwakilan untuk berlaga di Liga Champions AFC.

Berdasarkan regulasi alokasi klub Piala AFC untuk zona Asia Barat dan Asia Tenggara, Indonesia yang saat ini berada di peringkat ketiga zona Asia Tenggara, berhak mendapatkan slot untuk dua tim. Seperti yang dilansir dalam Bola.com, dalam regulasi alokasi klub Pala AFC disebutkan bahwa federasi yang berada di peringkat pertama hingga ketiga mendapatkan dua slot langsung ke dalam kompetisi AFC. Klub pesertaa Liga 1 yang mewakili Indonesia dalam ajang AFC 2018 saat ini adalah Persija Jakarta dan Bali united.

Perjuangan kedua klub hingga saat ini sangat menegangkan, untuk Bali united sendiri mengalami mimpi buruk setelah pada match day 5 mengalami kekalahan sehingga menutup peluang bali united untuk lolos dan menjadi juara grup G. Namun berbeda halnya dengan persija, klub macan kemayoran tersebut masih berpeluang lolos dan menjadi juara fase grup H zona Asia Tenggara, dan saat ini pun Posisi Persija Jakarta berada di puncak fase grup H setelah berhasil membekuk Johor Darul Ta’dzim 4-0 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK). Berikut kami ulas perkembangan perjuangan kedua klub tersebut hingga saat ini sebagai perwakilan Indonesia.

  1. Bali United

Yangon United menjadi mimpi buruk Bali United pada matchday 5 Piala AFC 2018 Grup G yang berlangsung Rabu (11/4/2018). Bermain di Stadion Thuwunna, Yangon, Serdadu Tridatu kalah secara dramatis 2-3. Bali United yang butuh kemenangan buat menjaga peluang lolos dari fase grup tampil menekan sejak menit awal. Pada laga melawan Yangon United ini, tim asuhan Widodo Cahyono Putro unggul dua gol terlebih dahulu lewat gol Ilija Spasojevic (11’) dan Nyoman Sukarja pada menit ke-36. Tuan rumah berhasil membalas satu gol sebelum turun minum dari kaki Maung Maung Lwin.

Klasemen AFC

Pada babak kedua, tuan rumah merubah taktik dan tampil lebih dominan. Terbukti dua gol tambahan lahir dari Emmanuel Ikechukwu (58’) dan Sekou Sylla (73’), keadaan berbalik,Pada pertandingan lainnya, tuan rumah Global Cebu ditahan imbang Thanh Hoa FC 3-3. Pertandingan berjalan seru. Hasil pertandingan yang berlangsung pada Rabu (11/04/2018) ini membuat Yangon United memuncaki Grup G AFC Cup 2018 sekaligus menjadi satu-satunya tim yang lolos ke babak berikutnya. Sehingga peluang Bali United untuk menjadi juara grup G pupus dan tertahan sampai disini dengan nilai point saat ini 5 point.

  1. Persija Jakarta

Tinggal selangkah lagi Persija  Jakarta telah berada di babak berikutnya Piala AFC 2018. Itu karena kemenangan telak 4-0 atas Johor Darul Ta’zim (JDT) pada partai kelima Grup H, Selasa (10/4/2018). Saat ini, Persija bercokol sebagai pemuncak klasemen sementara dengan sepuluh poin dari lima partai. Armada Stefano Cugurra Teco unggul produktivitas gol dari Song Lam Nghe An (SLNA) yang memiliki nilai sama di posisi kedua.

Pada laga melawan Johor Darul Ta’dzim (JDT), Persija yang tampil di hadapan pendukungnya tampil beringgas terutama pada 20 menit pertama laga. Pasukan Stefano Cugurra Teco mengurung pertahanan JDT. Gol perdana Simic lahir saat pertandingan baru memasuki menit ke-8. Penyerang asal Kroasia itu kembali unjuk ketajaman menjebol gawang JDT pada menit ke-13 usai memanfaatkan servis matang, Rezaldi Hehanusa. Sang striker mencatatkan hattrick pada menit ke-20 dengan menyelesaikan umpan manis dari Ramdani Lestaluhu. Tiga gol cepat membuat tim tamu semakin gugup dan kewalahan melayani gempuran serangan yang dilakukan Macan Kemayoran.

Pada babak kedua tanpa ampun Marko Simic menciptakan gol keempat pada menit ke-87 dengan memanfaatkan tendangan penalti, setelah winger Riko Simanjutak dilanggar di area terlarang JDT.  Kemenangan atas Johor Darul Ta’zim membuat Persija Jakarta memuncaki klasemen Piala AFC 2018 Grup H dengan raihan 10 poin. Sementara itu bagi Johor kekalahan atas Persija membuat peluang mereka lolos grup H semakin berat dan Persija sendiri memastikan puang mereka untuk menjadi juara grup semakin lebar.

Adapun, Grup H tinggal menyisakan satu pertandingan tersisa. Persija akan bertandang ke Singapura untuk berjumpa juru kunci klasemen, Tampines Rovers pada 24 April 2018. Performa Persija di Piala AFC berbuah kepercayaan diri yang tinggi. Kini, partai puncak jadi target yang realistis untuk tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut. “Insyaallah, saya optimistis, Persija bisa sampai final (Piala AFC), dengan kondisi seperti ini. Pemain tidak ada cedera, tim tetap terjaga kondisinya, semuanya. Insyaallah bisa sampai final,” ujar Manajer Persija, Marsma TNI Ardhi Tjahjoko, dilansir dalam berita liputan 6.

Albi Hasan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *