lpmindustria.com – Kata nunchaku mungkin masih terdengar asing bagi telinga sebagian orang. Nunchaku merupakan  sebuah senjata berbentuk dua tongkat pendek, berukuran sekitar 30 cm yang dihubungkan dengan rantai atau tali.

Nunchaku lebih banyak dikenal dengan sebutan double stick atau ruyung. Pada awalnya, nunchaku merupakan alat pertanian yang digunakan oleh masyarakat Ryukyu, Okinawa, Jepang untuk merontokkan biji-bijian maupun kacang-kacangan. Alat tersebut mulai populer ketika seorang seniman bela diri yang bernama Lie Sao Lung atau Bruce Lee memainkan nunchaku di filmnya. Seiring perkembangan zaman, nunchaku tidak hanya digunakan sebagai senjata bela diri saja, tetapi juga berfungsi sebagai alat pertunjukan freestyle nunchaku.

Nunchaku

Pada 20 Desember 2008 terbentuklah komunitas Indonesian Nunchaku Club atau biasa disebut INC. Komunitas tersebut bertujuan untuk mewadahi masyarakat yang gemar bermain nunchaku agar dapat berlatih bersama dan memberikan edukasi mengenai teknik bermain nunchaku. “Selain itu, Indonesian Nunchaku Club juga memperkenalkan nunchaku sebagai alat permainan yang menyenangkan sehingga dapat memberikan dampak positif terutama bagi pemuda Indonesia,” ujar Deddy Irmawan, salah satu dari delapan pendiri Indonesian Nunchaku Club.

Saat ini Indonesian Nunchaku Club memiliki 60 tempat latihan yang tersebar di berbagai regional, 3 diantaranya berada di luar Indonesia, yakni Hongkong, Mesir, dan Malaysia. Salah satu anggota yang berprestasi ialah Bintang Naufal yang berasal dari Indonesian Nunchaku Club Regional Cikarang. Remaja yang masih duduk dibangku kelas XI ini telah menjadi langganan juara pada ajang kompetisi dunia yang diadakan oleh Freestyle Nunchaku Forum. Prestasi yang berhasil diraih Bintang diantaranya:

  • Juara 1 dunia, Chuck Off 2016 kategori double nunchaku
  • Juara 1 dunia, Chuck Off 2017 kategori double nunchaku
  • Juara 1 dunia, Chuck Off 2017 kategori single nunchaku
  • Juara 3 nasional, Nunchaku Skill Competition kategori single nunchaku
  • Juara 1 World Cup Nunchaku 2018
Atlet Nunchaku

Bintang Naufal menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi juara di ajang World Cup tersebut. “Sebenarnya saya tidak menyangka akan menjadi juara, apalagi lawan saya ketika di babak final adalah juara 2 World Cup Nunchaku 2015, dan saya hanya menang selisih satu poin dari dia. Namun, saya bangga karena menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan ajang tersebut,” ujar Bintang.

Kini, terbukti nunchaku tidak hanya befungsi sebagai senjata untuk pertahanan atau bela diri saja. Namun, juga menjadi sebuah alat pertunjukan yang menyenangkan dan disukai oleh beberapa kalangan. “Kami juga membangun image bahwa nunchaku ini bukan alat yang berbahaya, dalam artian senjata ini juga dapat dipakai untuk pelatihan dan hiburan,” tutup Deddy Irmawan.

Rangga Ilyasa Hartono

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *