Sutradara: Lasja Fauzia Susatyo

Produser: Nia Dinata, Hanna Carol

Penulis: Melissa Karim

Pemeran:

  • Ratnakanya Annisa Pinandita
  • Jeje Soekarno
  • Beby Natalie
  • Cody Mcclendon
  • Ari Wibowo
  • Donna Harun
  • Brandon De Angelo
  • Dan lain-lain.

Distributor: Blue Caterpillar Films, Kalyana Shira Films

Tanggal rilis: 17 November 2011

Durasi: 1 jam 28 menit

Langit Biru merupakan film drama musikal Indonesia yang dirilis pada 17 November 2011 dengan disutradarai oleh Lasja Fauzia Susatyo. Film ini menceritakan tentang persahabatan antara tiga anak yang telah duduk di bangku SMP yaitu Ratnakanya Annisa sebagai Biru, Jeje Soekarno sebagai Tomtim, dan Beby Natalie sebagai Amanda. Mereka bersahabat sejak kecil dan tinggal berdekatan di satu kompleks perumahan.

Biru adalah anak tunggal dari seorang pilot bernama Daniel yang diperankan oleh Ari Wibowo. Biru adalah anak yang mandiri, aktif, cantik, pintar, tomboy, dan agak emosional. Ibunda Biru telah meninggal ketika Biru berumur 7 tahun yang mengakibatkan Daniel menjadi orangtua tunggal untuk Biru. Sebagai pilot Daniel mempunyai jadwal terbang yang padat yang menyebabkan komunikasi antara ayah dengan anaknya menjadi kurang mulus. Amanda adalah sahabat perempuan Biru. Amanda memiliki keluarga yang harmonis dengan Ibu yang perhatian dan agak cerewet. Ia juga memiliki adik yang bernama Brandon yang jago dalam hal dance. Tomtim adalah sahabat laki-laki Biru yang badannya paling besar. Tomtim lebih tua dari yang lain karena ia pernah tinggal kelas. Ia adalah anak dari Mama Rita yang diperankan oleh Dona Harun. Karena keterbatasan dan learning difficulties yang dimiliki Tomtim, membuat Tomtim seringkali menjadi target sasaran beberapa anak nakal disekolahnya untuk dijahili. Bruno yang diperankan oleh Cody Mcclandon adalah teman sekelas Tomtim yang suka mem-bully Tomtim disekolah bersama genk-nya yaitu Jason, Samuel, dan Erlangga.

Pada film ini terdapat beberapa konflik yaitu saat Bruno menjahili Tomtim di kantin dengan menjatuhkan makanan Tomtim dan mengejeknya, lalu Biru dan Amanda tidak terima Bruno melakukan hal itu kepada temannya dan terjadilah keributan di kantin antara Biru cs dan Bruno cs yang menyebabkan kantin menjadi kotor dan berantakan. Seusai keributan yang menyebabkan kantin menjadi kotor mereka semua dihukum dilapangan oleh Kepala Sekolah. Beberapa hari kemudian Ibu Guru yang mengajar dikelas Biru memberikan tugas kepada murid-muridnya untuk membuat school project berkelompok dengan tema bebas yang nantinya tugas tersebut akan ditampilkan didepan orangtua mereka. Biru mempunyai ide untuk membuat video presentasi tentang Bruno. Ia beserta Amanda dan Tomtim mencari tahu informasi tentang Bruno dengan handycam yang dibelikan oleh ayahnya Biru dan merekam kenakalan yang dilakukan Bruno dan teman-temannya selama disekolah yang tidak diketahui para guru. Dan dari tugas ini Biru cs pun mendapatkan fakta yang menarik tentang Bruno. Dibalik kenakalan Bruno, sebenarnya Bruno adalah anak yang baik. Ia membantu mengajar dance ditempat dance-nya adiknya Amanda yaitu Brandon. Ia juga suka membantu Mamanya menjaga adiknya yang menderita Down Syndrome dan suka mengantarkan pesanan jahitan Mamanya ke pertokoan. Saat video presentasi tersebut ditampilkan Bruno keluar dari kelas karena malu dengan Mamanya. Setelah hari ditampilkannya video tersebut Bruno tidak masuk sekolah lagi. Ia merasa malu dan meminta maaf dengan Mamanya karena sikapnya disekolah seperti itu. Ia juga akhirnya mendatangi rumah Tomtim dan meminta maaf ke Tomtim karena sering menjahili Tomtim disekolah.

Kelebihan dari film ini, menurut saya film ini bagus untuk ditonton karena film ini memberikan banyak pesan yaitu, bahwa kita jangan melihat dan menghakimi orang dari luarnya saja, kita harus bisa menilai orang lain dari sisi baiknya, jangan hanya melihat dari buruknya saja. Kita juga harus mengetahui lebih dalam tentang teman kita, mana yang baik dan mana yang buruk untuk pergaulan kita. Kita juga harus membela teman yang direndahkan. Jika ada teman yang membully, kita jangan menjadi lemah dengan bertindak diam saja, karena teman bukan lawan bagi kita, dan katakan tidak pada bullying. Tetapi disisi lain, kita juga harus meminta izin kepada orang yang bersangkutan jika kita ingin mengambil informasi yang sifatnya rahasia. Kelebihan yang lainnya adalah para pemain dalam film ini sukses membawakan peran tersebut dan musik yang ditampilkan pada film ini cocok karena masih nyambung dengan cerita yang ada difilm ini. Kekurangan dari film ini adalah pemasarannya kurang karena sepertinya banyak yang tidak tahu film ini dan kekurangan yang lain adalah ceritanya agak drama dan bertele-tele. Seharusnya perfilm-an Indonesia sekarang banyak menayangkan film yang mempunyai pesan yang bermanfaat untuk para penontonnya, yang baik ditonton oleh kalangan remaja maupun anak-anak, yang tidak selalu menampilkan genre tentang cinta.

Muthia Zahra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *