lpmindustria.com – Pada 07 Juli 2018, Young On Top (YOT) mengadakan seminar Briguna Roadshow Jakarta dengan mengangkat tema “Sukses Berkarir di Usia Muda”. Kegiatan ini memberikan edukasi kepada para peserta untuk meraih kesuksesan di usia muda.

Seminar Briguna Roadshow Jakarta dihadiri oleh pembicara yang berpengalaman pada bidangnya, yakni Tan Widjaja seorang Direktur IBM Indonesia dan Handayani selaku Direktur Konsumer Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pada dasarnya, kesuksesan dalam berkarir merupakan impian semua orang. Jika kesuksesan berkarir dapat digapai seseorang saat usia muda, tentunya akan ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meraih impian lainnya. Namun, untuk meraih kesuksesan tersebut harus dibayar dengan perjuangan yang keras. Bahkan beberapa orang harus jatuh terlebih dahulu agar dapat meraih kesuksesan di usia muda.

Tan Widjaja

Untuk menggapai kesuksesan, seseorang dapat membiasakan diri dengan membuat berbagai rencana yang diiringi dengan target, baik dalam aktivitas sehari-hari maupun kegiatan lainnya. Selain itu, harus pintar mencari peluang saat bekerja maupun memulai bisnis yang mana hal tersebut belum banyak diimplementasikan oleh orang lain. “Ketika memulai suatu pekerjaan, maka seseorang harus langsung menentukan tujuan apa yang akan dicapai kedepannya,” ujar Tan Widjaja. Senada dengan Tan Widjaja, Handayani juga menjelaskan dalam meraih kesuksesan harus disertai dengan membangun impian kedepannya. Setelah impian tersebut ditentukan, seseorang harus memikirkan langkah-langkah untuk menggapai impiannya. “Tentukanlah impian untuk periode kedepan, kemudian jadikan impian tersebut sebagai tantangan yang harus dihadapi,” tutur Handayani.

Selain itu, faktor pendukung dalam menggapai kesuksesan adalah kerabat atau teman. Tan menjelaskan teman dapat dijadikan faktor kesuksesan dalam menambah relasi. Dengan relasi, seseorang dapat saling melakukan kerja sama agar membawa perubahan yang baik satu sama lainnya. Hal lain dari pentingnya seorang teman yaitu, teman dapat menentukan karakter pribadi sesorang. Teman yang kepribadiannya lebih unggul dapat dijadikan teladan, tetapi bukan untuk ditiru sepenuhnya. Hanya untuk dijadikan pemantik, agar seseorang dapat menjadi lebih berkembang. Kemudian akan timbul sifat kompetisi, dalam artian persaingan hal positif untuk melangkah menjadi pribadi yang lebih baik. Lalu, faktor lainnya yakni peran pendidikan. Menurut Tan, pendidikan merupakan penunjang untuk meraih kesuksesan. “Investasi yang paling baik ialah pendidikan. Selain itu, ilmu yang telah didapatkan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada alasan untuk menyerah ketika melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” ungkap Tan.

Motivasi diri juga sangat diperlukan dalam kunci sukses ini. Peran motivasi diri untuk menimbulkan dorongan dalam menggapai kesuksesan. Seseorang harus mengenali dan mendalami tentang diri pribadi agar bisa menemukan jiwa yang sesuai untuk melihat keinginan yang diraih. Dengan begitu, akan membuat sesorang semakin kuat untuk mengejar impiannya. “Dalami pribadi, cari kelebihan dari diri kita sendiri, kemudian dalami hal tersebut untuk menutupi kekurangan kita,” terang Handayani. Kelebihan dan motivasi diri dapat dijadikan kekuatan untuk melangkah ke depan, dan tentunya juga dapat menutupi kekurangan diri seseorang. Jadilah manusia yang pantang menyerah serta memiliki sifat kerja keras, bahwa kesuksesan hanya akan datang kepada mereka yang mau berusaha.

Nur Salam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *