lpmindustria.com – Asian Games 2018 agak berbeda bagi Indonesia.  Pasalnya, pertama kali bagi Indonesia  mengikutsertakan diri dalam cabang olah raga yang agak asing yakni, Kabaddi.

Senin (20/08), pertandingan Khabaddi digelar di Teater Garuda Taman Mini Indonesia Indah pada perhelatan acara Asian Games 2018. Kabaddi sendiri sebenarnya sudah dipertandingakn sejak Asian Games XI tahun 1990 di Beijing, Cina. Pada perhelatan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, olah raga ini telah diikuti oleh 9 negara dari 45 negara partisipan Asian Games saat itu. Indonesia di tahun ini menurunkan langsung tim putra dan putrinya. Walaupun ini pertama bagi Indonesia, antusias masyarakat lumayan baik. Itu dilihat dari penjualan tiket yang laku terjual sebesar 40%. “ Secara keseluruhan sudah terjual sebesar 206 tiket yang berdasarkan penjualan on the spot (baca: di lokasi) saja,” kata Sunjoyo selaku VM KiosTix yang dikutip dari kumparanSPORT.

Olah raga ini memang sudah populer di daerah Asia Selatan seperti, India dan Bangladesh. Sekilas memang mirip dengan permainan Gobak Sodor di Indonesia. Akan tetapi, ada perbedaan mendasar terkait aturan dan hitungan.

Kabaddi sendiri dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 7 orang dan 3 orang pemain cadangan. Ukuran arena atau lapangan yang digunakan sebesar 10×13 meter bagi laki-laki dan 8×12 meter bagi perempuan. Permainan dimulai dari satu orang tim penyerang alias raider, yang akan menyerang lawan (defender) agar dapat menyentuh salah satu anggota tim lawan dan kembali ke area timnya. Ketika raider menyerang lawannya, maka ia harus menyebut kata “kabaddi, kabaddi, kabaddi” berulang kali sembari menahan nafas. Setelah itu, ia akan berusaha menyentuh satu atau lebih pihak lawan. Tantangannya adalah satu kali serangan hanya diberikan waktu sampai 30 detik. Selain itu, raider juga harus siap menghadapi gulatan tujuh anggota defender agar bisa kembali ke area timnya.

Unsur gulat yang digunakan oleh defender untuk menahan penyerang merupakan alasan mengapa Kabaddi bisa menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan dalam Asian Games. Dikutip dari CNN Indonesia, Direktur Manajer Kabaddi di India menjelaskan bahwa Kabaddi adalah permainan yang mengandalkan fisik, dan tidak memerlukan alat atau fasilitas penunjang.

Imas Listyaningsih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *