Persiapan Pelaksanaan PKKMB Mahasiswa Baru 2023 di Politeknik STMI Jakarta -

Persiapan Pelaksanaan PKKMB Mahasiswa Baru 2023 di Politeknik STMI Jakarta


maulanayusuf.com
PKKMB Politeknik STMI Jakarta/LPM Industria/Sabrina Khairunnisa

lpmindustria.com - PKKMB di Politeknik STMI Jakarta membantu mahasiswa baru beradaptasi, mendukung aktivitas akademik dan non-akademik dengan fokus pada corporate university dan SDM industri otomotif 4.0 yang kompetitif dan unggul.

PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru secara khusus diselenggarakan untuk mahasiswa baru yang sebelumnya berstatus siswa dan kini memasuki dunia perkuliahan, membawa gelar baru sebagai mahasiswa.

Menurut Muhammad Daffa selaku Ketua Pelaksana PKKMB di Politeknik STMI Jakarta tahun 2023, PKKMB di Politeknik STMI Jakarta merupakan sarana untuk memperkenalkan dan mempercepat adaptasi serta mendukung kelancaran proses mahasiswa baru dalam berbagai aktivitas baik itu pembelajaran akademik maupun non-akademik. Daffa juga menyatakan bahwa pelaksanaan PKKMB tahun ini memiliki tiga poin utama sebagai tujuan yang menjadi fokus untuk dicapai.

“Untuk poin pertama itu adalah mempersiapkan mahasiswa baru Politeknik STMI Jakarta menjadi SDM Industri Otomotif 4.0 yang unggul dan berdaya saing global sesuai dengan pelaksanaan corporate university dan juga sesuai dengan semboyan Politeknik STMI Jakarta, yaitu TRIAS INDUSTRIA yang berarti pemikir, pelaksanaan, dan pengendali. Lalu poin selanjutnya untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap Politeknik STMI Jakarta dan poin yang terakhir adalah meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya mengembangkan soft skill dan juga minat bakat,” Jelasnya.

Tujuan utama dari pelaksanaan PKKMB tahun 2023 difokuskan pada industri otomotif karena Politeknik STMI Jakarta bergerak dalam sektor tersebut dan sedang melakukan perbaikan pada konsep pembelajaran dengan merangkul konsep corporate university.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanakan PKKMB di Politeknik STMI Jakarta tahun 2023 akan dilaksanakan di Gedung PIDI 4.0, yang juga dikenal sebagai Kampus Hijau, terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Barat. Safira sebagai penanggung jawab divisi acara PKKMB Politeknik STMI Jakarta, menjelaskan bahwa acara ini akan berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 28 hingga 30 Agustus yang akan diselenggarakan di Kampus Hijau, sementara pra-PKKMB akan dilaksanakan di Politeknik STMI Jakarta pada hari Minggu, 27 Agustus 2023. Kemudian acara tersebut akan ditutup dengan sesi tambahan pada tanggal 31 Agustus, yang akan mencakup sosialisasi mengenai pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) kampus.

Daffa mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari pelaksanaan PKKMB tahun 2023 dengan tahun sebelumnya yaitu tempat pelaksanaannya. Pada tahun 2022, PKKMB dilaksanakan di Kampus Cempaka Putih sedangkan di tahun ini berlokasi di Gedung PIDI 4.0. Tidak hanya itu, perbedaan lainnya terlihat dari tema yang diangkat, yaitu "corporate university : merancang, membangun, dan mengelola SDM otomotif 4.0 yang unggul dan berdaya saing global". Pada tahun sebelumnya, pelaksanaan PKKMB menyinggung corporate university tetapi hanya dalam skala umum saja sedangkan penjelasan lebih detail mengenai corporate university akan ada dikonsep PKKMB 2023 yang tidak hanya melalui materi tetapi juga melalui praktikum. Selain itu, PKKMB tahun 2023 juga memperkenalkan elemen baru berupa video teaser. Hal ini menunjukkan upaya untuk menghadirkan pengalaman yang lebih dinamis dan interaktif kepada mahasiswa baru.

Daffa juga mengatakan bahwa terdapat kendala yang dirasakan ketika mempersiapkan PKKMB 2023, yaitu pembagian waktu antara prakerin dan PKKMB. Sama seperti tahun sebelumnya, panitia yang dipilih merupakan mahasiswa yang sedang menjalani Prakerin hal tersebut menjadi distraksi bagi panitia untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan PKKMB. Dikarenakan panitia tidak hanya dari mahasiswa tetapi juga terdapat panitia dari pihak kampus, komunikasi, dan koordinasi terhadap pihak panitia kampus juga menjadi kendala.

Namun terlepas dari kendala tersebut, Daffa berharap PKKMB tahun ini dapat berjalan dengan sukses. “Harapan dari aku pribadi dan juga mewakili semua panitia pastinya PKKMB tahun ini dapat sukses dan juga dapat menjadi percontohan untuk PKKMB di tahun-tahun selanjutnya. Nah selain itu tujuan yang ada dapat tercapai dan manfaatnya juga pasti bisa dirasakan oleh mahasiswa baru angkatan 2023 sebagai bekal mereka dalam menjalani perkuliahan kedepannya seperti itu.” ungkap Daffa.

Dengan adanya pelaksanaan PKKMB di Politeknik STMI Jakarta, Safira juga mengharapkan para mahasiswa baru dapat memahami materi yang disampaikan oleh pemateri dan dapat lebih memahami mengenai kampus Politeknik STMI Jakarta dan tidak menjadikannya sebagai batu loncatan untuk tahun berikutnya pindah ke kampus yang lain.

Penulis: Sabrina Khairunnisa
Editor: Nayla Auliya Andhini

Tag:    info-kampus  |  kemenperin  |  mahasiswa  |  pidi-40  |  pkkmb  |  politeknik-stmi-jakarta  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top