St. Nina Ismayanti, Wisudawati Terbaik di Politeknik STMI Jakarta -

St. Nina Ismayanti, Wisudawati Terbaik di Politeknik STMI Jakarta


maulanayusuf.com
St. Nina Ismayanti Lulusan Terbaik dari Prodi ABO/Lpm Industria/Dok.Pribadi

lpmindustria.com - St. Nina Ismayanti adalah wisudawati terbaik Politeknik STMI Jakarta tahun 2023 dari program studi Administrasi Bisnis Otomotif. Nina dikenal sebagai mahasiswa yang baik di kalangan dosen, teman sekaligus sahabatnya. Kesulitan dan kesibukan di luar perkuliahan tidak menghalanginya untuk mendapatkan IPK yang tinggi.

Politeknik STMI Jakarta telah menyelenggarakan acara Wisuda tahun 2023 pada Selasa, 28 November 2023 di Balai Samudra, Jakarta Utara. Wisuda tersebut dihadiri oleh para wisudawan/i, orang tua, dan seluruh tamu undangan baik dari luar maupun dari Lingkungan Kementerian Perindustrian. Dalam acara ini, terdapat juga pemberian penghargaan kepada beberapa wisudawan/i terbaik yang mewakili masing-masing prodi.

St. Nina Ismayanti, yang akrab dipanggil Nina merupakan wisudawati terbaik Politeknik STMI Jakarta dari Prodi Administrasi Bisnis Otomotif. Ia berasal dari kelas ABO 4 Angkatan 2019. Nina menjadi lulusan terbaik dengan mendapat IPK yang tinggi, yaitu 3,96.
Menjadi lulusan terbaik, tentunya bukan hal yang mudah. Nina perlu melewati suka dan duka selama perkuliahan. Ia merasakan perkuliahan luring dan daring yang disebabkan oleh pandemi kala itu .Selama perkuliahan luring saat semester 1 hingga 2, Nina mengaku senang sebab dapat merasakan dunia perkuliahan secara langsung dan bertemu dengan teman-temannya.

“Senang sih bisa bertemu teman-teman dan banyak juga teman-teman baru karena semester 1 dan 2 itu lagi semangat-semangatnya.”

Nina juga merasakan duka saat dirinya menjalani perkuliahan daring, yaitu mengenai daya tahan tubuhnya, Nina seringkali terkena flu yang mengakibatkan terganggunya proses belajar selama perkuliahan.

Kemudian dikarenakan adanya pandemi, membuat Nina juga merasakan kuliah secara daring dari semester 3 hingga semester 5. Selama perkuliahan daring ia merasa lebih mudah menjalaninya dikarenakan pihak kampus memberi bantuan kuota kepada mahasiswa, selain itu Nina juga memiliki teman-teman yang kompak meskipun dalam masa pandemi. Namun ia juga merasakan duka sebab jadwal kuliah yang lebih padat.

Selama berkuliah di STMI, Nina pernah mengikuti Unit Kegiatan Mahasiwa, yaitu LPM Industria disana ia menjadi bagian koordinator staff  kewirausahaan. Mulai dari tahun 2020 sampai 2021.

Tidak hanya aktif berorganisasi di kampus, Nina juga prakerin dan magang di beberapa tempat seperti PT Mada Wikri Tunggal,  Evermos, dan saat ini masih bekerja di Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional) RI sambil mendaftar di berbagai perusahaan lainnya.

Memiliki kegiatan yang cukup padat, mengharuskan Nina mengatur waktunya dengan baik. Ia memanajemen waktunya dengan menentukan skala prioritas seperti mengutamakan akademik dibandingkan organisai. Kemudian ia juga menetapkan tujuan di setiap semester.

“Aku prioritasin, mana yang lebih prioritas karena aku masih ingin mendapatkan IPK yang tinggi, aku lebih baik memprioritaskan kuliah dahulu daripada hal lain. Itu sih maksimalin di akademik. Kalau organisasi, aku prioritas yang kedua,”Jelas Nina.

Selama perkuliahan Nina juga mengaku pernah mengalami kesulitan, terutama saat kuliah daring, dikarenakan device serta sinyal yang tidak mendukung ketika ujian maupun saat pembelajaran.
“Apalagi aku kendalanya dulu tuh laptop yang rusak. Jadi aku segalanya itu pusatnya tuh di handphone. Nah untuk absen, untuk zoom dan lain sebagainya aku pasti center-nya itu handphone bukan laptop. Laptop itu dipakai kadang untuk beberapa tugas jadi kayak kurang support aja laptopnya.” Jelas Nina tentang kendalanya selama perkuliahan online.

Sebagai lulusan terbaik, Nina memiliki beberapa tips yang dapat digunakan ketika perkuliahan, Pertama saat dosen menjelaskan Nina selalu mencatat dan me-record penjelasan dosen kemudian ia merangkum kembali untuk dipelajari dan dijadikan acuan belajar pada saat ujian baik UTS hingga UAS. Kedua, kenali karakteristik penilaian setiap dosen. Ketiga, saat kuliah usahakan duduk di barisan paling depan, hal ini dapat meningkatkan fokus dan mengurangi distraksi. Keempat, Nina selalu unjuk diri agar dapat dikenal dosen selama perkuliahan dengan aktif menjawab pertanyaan dari dosen dan bertanya jika ada kesulitan.

Menurut Ela, sahabat Nina mengatakan bahwa Nina memang tipe orang yang aktif di kelas. Ia orang yang baik dan mau untuk membantu teman-temannya dalam belajar.

“Misalnya di kelas tidak ada yang bisa jawab, lalu dia yang jawab, akhirnya dia yang dihafalin sama dosennya. Saat semester satu dia itu IPK nya 4.00, memang sudah kelihatan anak yang pintar, ketika pembelajaran anaknya aktif dan juga tidak pelit ilmu, karena biasanya ada anak yang pintar tapi tidak mau berbagi. Siapapun yang bertanya pasti dijawab, bahkan dari kelas lain pun kalau ada yang bertanya pasti akan dijawab,” Jelas Ela tentang pribadi Nina.

Harapan Ela untuk sahabatnya, semoga Nina dapat menggapai cita-cita menjadi PNS, melanjutkan studi ke jenjang S2, serta mendapatkan lingkungan yang baik di tempat kerjanya.

“Harapannya semoga Nina mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Dia ingin sekali menjadi PNS. semoga dia bisa menjadi PNS dan bisa lanjutin kuliah S2. Semoga dia mendapatkan lingkungan yang baik di tempat kerjanya nanti, dia bisa menemukan hal-hal baik nantinya dan makin sukses.”

Penulis : Nanda Eka Putri
Editor : Rahma Dhini



BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top