Explain Paper: Membantu Mahasiswa Dalam Membuat Tugas Laporan -

Explain Paper: Membantu Mahasiswa Dalam Membuat Tugas Laporan


maulanayusuf.com
Explain Paper: Membantu Mahasiswa Dalam Membuat Tugas Laporan/LPM Industria/Bayu

lpmindustria.com - Teknologi AI seperti Explain Paper, memberikan dukungan penting bagi mahasiswa dengan menyediakan pemahaman mendalam tentang topik kompleks dari jurnal ilmiah, secara sistematis dan terperinci, membantu mereka mengatasi tantangan dalam pendidikan modern.

 

Menurut Roida Pakpahan, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) merupakan bentuk kecerdasan yang meniru perilaku manusia. Dengan kata lain, kecerdasan buatan mampu meniru kemampuan manusia dalam menyelesaikan berbagai tugas atau pekerjaan, bahkan mampu menggantikan peran manusia dalam pekerjaan tertentu. Perkembangan kecerdasan buatan telah menghasilkan inovasi-inovasi yang sangat revolusioner, terutama dalam konteks pendidikan.

Salah satu contoh nyata dari kemajuan AI menurut Robert F. J. Pinzolits adalah Explain Paper, sebuah alat bantu online yang dirancang untuk membaca dan memahami makalah penelitian dengan lebih cepat dan mudah. Pengguna dapat mengunggah makalah penelitian ke platform ini, menyorot teks yang relevan, dan menerima penjelasan. Fungsionalitas ini bertujuan untuk mempermudah akses terhadap makalah penelitian, yang sering kali menggunakan bahasa yang padat dan kompleks. Dengan memberikan ringkasan yang jelas dan singkat, Explain Paper berkontribusi pada kemudahan pemahaman terhadap konten penelitian.

Explain Paper memiliki cara kerja dengan menggunakan algoritma pemrosesan bahasa atau teknik kecerdasan buatan untuk menganalisis teks asli, analisis ini dapat memberikan akses yang lebih mudah dan meningkatkan pemahaman pembaca terhadap materi yang dianalisis. Cara penggunaan Explain Paper melibatkan beberapa langkah, langkah pertama adalah mendaftar dan masuk ke platform tersebut. Setelah masuk, unggah makalah penelitian yang ingin dipahami atau dianalisis. Kemudian, sorot bagian teks yang dianggap membingungkan atau kompleks dalam makalah tersebut. Dengan melakukan langkah ini, maka pengguna akan mendapatkan penjelasan dari AI Explain Paper tentang bagian yang disorot, membantu dalam memahami konsep-konsep sulit dalam makalah tersebut dengan lebih efisien.

Menurut Tiara sebagai mahasiswa di Politeknik STMI Jakarta, “Kalau buat aku yang jurusan teknik industri otomotif sangat membantu banget buat membuat laporan praktikum, soalnya kalau laporan praktikum harus menggunakan jurnal, dengan adanya Explain Paper dapat membantu kita untuk mereview jurnal dengan cepat.” Sedangkan menurut Sabrina sebagai mahasiswa di Politeknik STMI Jakarta “Ngebantu banget sih apalagi kalau kita mencari jurnal banyak yang bahasa inggris, kita kan kadang juga tidak ngerti artinya, kadang kita kan butuh penjelasan lebih tentang maksud jurnal, AI ini sangat membantu banget sih.”

Explain Paper memiliki dampak positif dalam penulisan makalah mahasiswa. Melalui analisis mendalam, mahasiswa dapat memahami topik secara menyeluruh, membentuk argumen yang kuat, dan meningkatkan keterampilan analisis mereka. Penggunaan Explain Paper sebagai referensi ahli juga memperkaya makalah dengan sumber berkualitas tinggi. Proses ini juga dapat menginspirasi ide kreatif dan meningkatkan kualitas penulisan melalui penerapan struktur yang baik. Meskipun bermanfaat, mahasiswa perlu tetap melakukan riset independen dan menyusun makalah dengan analisis dan sintesis pribadi.

Penulis: Bayu Samudra
Editor: Najla Aulia

Tag:    ai  |  artificial-intelligence  |  teknologi  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top