Hari Buku Nasional: Politeknik STMI Jakarta Gelar Kompetisi BookHunt -

Hari Buku Nasional: Politeknik STMI Jakarta Gelar Kompetisi BookHunt


maulanayusuf.com
Hari Buku Nasional/LPM Industria/Dok. Pribadi

lpmindustria.com - Pihak Perpustakaan Politeknik STMI Jakarta menyelenggarakan perlombaan penelusuran buku dengan tujuan meningkatkan minat baca para mahasiswa dan kunjungan ke perpustakaan.

Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional kemarin, Perpustakaan Politeknik STMI Jakarta telah menyelenggarakan perlombaan untuk pertama kalinya. Dalam wawancara dengan Halimah selaku ketua pelaksana lomba, ia menjelaskan bahwa “BookHunt” (Hunting Buku) merupakan lomba penelusuran buku dengan cara menilai kecepatan dan ketepatan mahasiswa dalam menelusuri buku berdasarkan tema yang sudah diberikan oleh panitia, yang dicari via kalatog pada komputer untuk menemukan buku di rak berdasarkan kode yang tersedia. 

Halimah mengatakan, perlombaan ini dibuat bertujuan untuk memotivasi mahasiswa serta civitas academica dalam meningkatkan minat baca dan kecintaan terhadap buku serta mengetahui seberapa sering mahasiswa berkunjung ke perpustakaan. “Setelah diadakannya perlombaan ini saya berharap agar semakin banyak pengunjung yang datang ke perpustakaan, minat baca mahasiswa semakin luas dan perpustakaan Politeknik STMI Jakarta semakin dikenal”, ujar Halimah. 

Gilang mahasiswa prodi Adminstrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022 sebagai juara 1, menyampaikan kesannya bahwa ia tidak menyangka acaranya akan berlangsung meriah dan kompetitif, dikarenakan cukup tinggi antusiasme mahasiswa dari seluruh prodi yang ikut berpartisipasi dengan total 32 peserta. Rifdah mahasiswi prodi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2023 sebagai juara harapan 3 juga mengatakan bahwa sebelumnya ia berpikir acaranya akan kaku, namun sebaliknya acara berlangsung menyenangkan dan meriah.

Gilang mengatakan bahwa acara ini memberikan manfaat dan pengalaman baru baginya. “Acara perlombaan ini bermanfaat untuk mengetahui cara mencari buku atau Tugas Akhir dengan cepat, yang nantinya akan berguna dalam mencari referensi saat membuat Tugas Akhir. Acara BookHunt ini juga memberikan pengalaman baru dan kesempatan bagi saya untuk mengeksplorasi dunia literasi, sehingga bisa meningkatkan minat baca,” ucap Gilang. 


Rifdah juga menjelaskan melalui acara tersebut ia menjadi lebih mudah dan cepat dalam menemukan buku di perpustakaan dan mengetahui bahwa terdapat berbagai koleksi buku yang cukup lengkap dari berbagai bidang dan fasilitas-fasilitas yang tersedia di perpustakaan Politeknik STMI Jakarta. 

Melalui wawancara, Gilang menyampaikan harapannya agar tema yang diperlombakan dapat diperbanyak dan dibuat lebih spesifik, seperti buku teknik, buku sastra, novel, dan sebagainya. Diharapkan, pihak perpustakaan juga dapat memberikan hadiah tambahan berupa buku, agar sesuai dengan tujuan utama acara BookHunt, yaitu meningkatkan minat baca mahasiswa. Sementara, Rifdah menyarankan agar kegiatan perlombaan dapat diselenggarakan setiap tahun dengan rangkaian acara yang lebih hebat lagi. 

Penulis: Renata Anastasya
Editor: Nandra Ayu Saputri

Tag:    buku  |  info-kampus  |  politeknik-stmi-jakarta  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top