Memaknai Sumpah Pemuda Bagi Generasi Penerus Bangsa -

Memaknai Sumpah Pemuda Bagi Generasi Penerus Bangsa


maulanayusuf.com

lpmindustria.com – Generasi muda merupakan calon penerus bangsa yang berperan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Oleh karena itu, pemuda pemudi Indonesia perlu memahami nilai yang terkandung dalam isi Sumpah Pemuda.

Sumpah pemuda merupakan ikrar dalam menggabungkan semangat para pemuda demi mencapai cita-cita bangsa. Para pemuda pemudi dari berbagai wilayah Indonesia berkumpul demi menyatukan kekuatan pemuda yang menjadikan sebuah pergerakan pemuda. Peristiwa sumpah pemuda ini menghasilkan sebuah rumusan. Rumusan tersebut merupakan hasil dari keputusan Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 28 Oktober 1928.

Terdapat tiga rumusan utama dalam isi Sumpah Pemuda, yaitu kesatuan dan persatuan Tanah Air, Bangsa, dan Kesatuan Bahasa Indonesia. Ketiga unsur tersebut merupakan simbol kekokohan berbangsa dan bernegara dalam satu payung besar yaitu Negara Indonesia. Maka dari itu, pemuda Indonesia perlu memiliki rasa nasionalisme yang bisa menjadi tonggak dalam kesatuan negaranya.

Dalam rumusan pertama, untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan tanah air, kita memiliki kewajiban untuk berjuang dalam mempertahankan negara Indonesia. Berjuang dalam arti bukan hanya di bidang militer. Namun, kita dapat berjuang dalam hal prestasi, seperti mengharumkan nama Indonesia di mata Internasional serta menjaga dan melestarikan alam, budaya, juga adat yang ada di Indonesia.

Pada rumusan kedua, berisi bahwa kita mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Indonesia terdiri dari banyak perbedaan, baik dari segi adat, agama, bahasa, sistem kemasyarakatan, maupun budaya masyarakat. Walaupun banyak perbedaan yang ada di dalamnya, masyarakat Indonesia tetap bisa harmonis antar satu sama lain . Hal tersebut merupakan bukti Bangsa Indonesia yang satu. Oleh karena itu, kita harus bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Sehingga Indonesia tetap menjadi negara yang satu tanpa adanya perpecahan didalamnya.

Rumusan ketiga sumpah pemuda, berisi menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Menjunjung disini bisa diartikan sebagai menempatkan bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu yang dipakai dalam bermasyarakat. Hal inilah yang memberikan harapan bahwa, setiap warga Indonesia kedepannya dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa mengalami kesulitan. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia harus terus dipelajari di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah mengetahui nilai yang terkandung dalam rumusan Sumpah Pemuda, kita harus menyadari bahwa generasi muda merupakan faktor perubahan dalam bangsa dan negara. Pemuda adalah pemegang kunci kepemimpinan untuk masa yang akan datang. Generasi muda harus memiliki semangat menjunjung tinggi bangsa dan negaranya.  Bangsa yang besar memang lahir dari para pahlawan, namun pahlawan lahir dari para pemuda yang berjiwa besar.

Sejatinya, Sumpah Pemuda dapat menjadi landasan moral bagi pemuda Indonesia saat ini, karena moral pemuda pemudi Indonesia sekarang ini dapat mudah digoyahkan dari berbagai sudut. Sebagai garda terdepan pergerakan bangsa, mari kita tumbuhkan kembali nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, dan tetap menjunjung tinggi Sumpah Pemuda sebagai pemantik semangat persatuan Indonesia.

 

Hana Fadiah

Tag:    sekitar-kita  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top