Setelah 40 Tahun, Timnas U-19 Kembali Lolos Babak Quarter Final AFC -

Setelah 40 Tahun, Timnas U-19 Kembali Lolos Babak Quarter Final AFC


maulanayusuf.com

lpmindustria.com –  Tim Nasional (Timnas) U-19 Indonesia lolos dari fase grup sebagai runner-up grup A dan akan menghadapi sang juara grup B, Timnas Jepang, di laga Piala Asian Football Confederation (AFC) U-19 2018 yang diadakan di Indonesia.

Rabu (24/10), Timnas Sepak Bola U-19 sukses mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga pamungkas Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion Gelora Bung Karno. Gol tunggal Garuda Muda dicetak oleh Witan Sulaiman yang berhasil memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh bek UEA.

Pada saat yang bersamaan, pertandingan Grup A lainnya mempertemukan Timnas U-19 Qatar vs Taiwan yang berakhir dengan skor 4-0. Dua Gol Qatar dicetak oleh Hashim Abdullatif serta Khaled Waleed dan Abdulrasheed Umaru yang menyumbang masing – masing satu gol.

Dengan hasil tersebut, Indonesia dan Qatar dipastikan menjadi dua tim yang lolos dari grup A di babak 8 besar. Qatar, Indonesia, dan UAE sebenarnya sama – sama mengoleksi enam poin. Dilihat dari head to head, sebenarnya ketiga tim saling mengalahkan pesaingnya dan satu kali takluk. Tetapi, berdasarkan regulasi yang ada, penentuan posisi dilanjutkan dengan selisih gol. Diantara ketiga tim yang poinnya sama, selisih gol melawan tim keempat (Taiwan) diabaikan. Sehingga, bila diurutkan Indonesia berada diposisi kedua dan Qatar menduduki sebagai juara grup. Sementara, UEA harus mengangkat koper dengan lebih cepat dari laga AFC U-19 kali ini.

Sebagai runner-up grup, Indonesia dipastikan akan bersua dengan Jepang, sebagai juara grup B, di babak delapan besar. Walaupun persaingan di grup B belum usai, namun Tim Samurai Biru julukan Timnas Jepang telah dipastikan menjadi juara grup B. Dengan asumsi, walaupun Korea Utara (Korut) mampu menyamai perolehan poin Jepang, namun Korut tidak dapat melampaui Jepang di posisi klasemen yang secara head to head unggul atas Korut.

Lolos dari fase grup, Timnas Indonesia U-19 berhasil mengulang cacatan Indonesia pada ajang yang sama 40 Tahun lalu. Namun, pencapaian tersebut bukan hasil terbaik Indonesia diajang kala itu. Selama mengikuti Piala AFC U-19, Indonesia pernah menjadi juara (1961), runner-up (1967 dan 1979), dan juara ketiga (1962).  Apabila tim asuhan Indra Syafri berhasil mengalahkan Jepang di babak 8 besar, maka Indonesia otomatis akan lolos ke Piala Dunia U-20 di Polandia tahun depan.

Oktario Tommy Saputra

Tag:    bola  |  olahraga  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top