Marc Marquez Raih Juara Dunia MotoGP 2018 -

Marc Marquez Raih Juara Dunia MotoGP 2018


maulanayusuf.com

lpmindustria.com – Usai bersaing dengan rivalnya, Dovizioso, Marc Marquez berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2018. Gelar tersebut diperoleh di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang pada hari Minggu tanggal 21 Oktober lalu.

Marc Marquez, pembalap motor kelas utama asal Spanyol, kembali memenangkan juara dunia untuk kelima kalinya setelah mengklaim kemenangan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Kemenangan ini menempatkannya sejajar dengan pembalap legenda Australia, Mick Doohan. Marquez, menjadi pembalap termuda dengan usia 25 tahun yang memiliki tujuh gelar juara dunia sepanjang sejarah.

Ketujuh gelar juara tersebut merupakan kumpulan gelar juara dunia dari semua kelas. Satu gelar juara dunia di kelas 125cc pada tahun 2010. Satu gelar juara dunia di kelas Moto2 pada tahun 2012. Serta lima gelar sisanya diraih di kelas MotoGP. Tahun 2013 merupakan laga perdana MotoGP yang ia geluti, sehingga membuat ia dijuluki sebagai rookie dan mendapatkan raihan Rookie of The Year. Selanjutnya tahun 2014, 2016, 2017, serta yang terbaru tahun 2018 ia mampu menyambat gelar juara dunia untuk yang ketujuh kalinya.

Pembalap Repsol Honda itu unggul 102 poin dari pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso, pada klasemen MotoGP 2018. Marquez memulai balapan di Sirkuit Twin Ring Motegi dari posisi ke-6 di grid. Dia merintis maju hingga ke posisi tiga pada akhir lap pertama. Balapan pada sirkuit ini didominasi oleh persaingan antara Marquez dan Dovizioso. Marquez tampil agresif untuk mengambil posisi pertama. Ia sempat memimpin namun terjadi kesalahan yang membuat dirinya harus mundur kembali ke posisi kedua. Pada lap 21,  Marquez berhasil menyalip Dovizioso dan mengambil alih posisi terdepan. Dovizioso melakukan kesalahan di tikungan ke-10, yang membuat dirinya terjatuh. Tersingkirnya Dovizioso mengantarkan Marquez mengunci gelar juara dunianya.

Sepanjang karirnya di kelas utama, hanya satu kali Marquez gagal dalam mendapatkan gelar juara dunia, yaitu di tahun 2015. Namun, Marquez mampu bangkit di tahun berikutnya. Sehingga dia sanggup meraih gelar juara dunia kembali.

 

Astri Oktaviani

Tag:    olahraga  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top