Berbagi dalam Kolaborasi Bersama Komunitas "Ini Kembalian" -

Berbagi dalam Kolaborasi Bersama Komunitas "Ini Kembalian"


maulanayusuf.com

lpmindustria.com - Manusia merupakan makhluk sosial, hidup bukan hanya tentang diri kita sendiri, melainkan juga berbagi dengan orang lain. Bersama komunitas Ini Kembalian menjadi wadah kolaborasi untuk berbagi kepada sesama.

Berawal dari ketertarikan untuk bergabung dengan sebuah komunitas, Fidelia Susanti dan Marlinda Yusnia Jaya berinisiatif untuk membentuk komunitasnya sendiri, yang diberi nama Komunitas Ini Kembalian. Komunitas Ini Kembalian merupakan sebuah wadah kolaborasi untuk berbagi dari komunitas atau individu yang tergerak hatinya untuk berbagi. Nama komunitas ini mereka pilih secara tidak sengaja. “Ketika kami sedang di Mall, lalu Marlida mengatakan ‘ini, Del kembaliannya’ lalu kami beripikir untuk memberi nama Komunitas Ini Kembalian,” kata Fidelia Susanti salah satu pendiri Komunitas Ini Kembalian.

Komunitas yang baru berjalan setahun yang lalu ini, mempunyai misi untuk menyampaikan sebuah pesan bahwa hidup tidak hanya tentang diri kita sendiri.  Terdapat orang lain yang berada di sekitar kita yang harus kita bantu. “Kami ingin mengembalikan apa yang sudah kami dapat, entah itu dalam bentuk materi, ilmu, kesempatan, semuanya kami kembalikan ke masyarakat, jadi tidak berhenti di diri kita sendiri,” jelas Fidelia.

Komunitas Ini Kembalian melakukan kegiatannya di Sekolah Rakyat Ancol 2 yang bertempat di Jalan Ancol Barat I, Pademangan, Jakarta Utara. Sekolah Rakyat Ancol adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) terbuka di bawah Yayasan Sekolah Rakyat Indonesia. Di sana mereka mengajar anak-anak Sekolah Rakyat di akhir pekan. Ini Kembalian memiliki Program Terampil Untuk Tampil, ini adalah sebuah program yang dimaksudkan untuk membekali anak-anak dengan keterampilan dan akan mendukung pelajaran formal di sekolah. “Kami punya Program Terampil Untuk Tampil bagi anak-anak, program ini maksudnya adalah terampil untuk tampil agar nantinya anak-anak punya nilai lebih ketika sudah terjun ke masyarakat,” tutur Fidelia

Program Terampil Untuk Tampil yang banyak diajarkan seperti keterampilan tari, teater, vokal, kerajinan tangan, public speaking (baca : berbicara di depan umum), menulis, dan lainnya. Program belajar dari Komunitas Ini Kembalian biasanya diselenggarakan setiap akhir pekan di tiga minggu awal bulan. Selain kelas keterampilan, Komunitas Ini Kembalian juga memiliki Program Student Request disetiap akhir pekan minggu ketiga. Kelas ini memungkinkan anak-anak untuk meminta diajarkan mengenai hal yang belum pernah dipelajari sebelumnya. “Kita biasanya mengajar di Sekolah Rakyat Ancol 2 setiap tiga minggu diakhir pekannya, yang diajarkan pun kebanyakan tentang keterampilan. Di minggu ketiga biasanya ada student request, jadi anak-anak yang minta ingin belajar apa saja. Waktu itu pernah ada silat, penyuluhan, atau dari komunitas lain,” tambah Fidelia.

Komunitas Ini Kembalian melibatkan sukarelawan dalam  menjalankan proses belajar mengajar. Mereka merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Jakarta. Untuk bergabung dengan Ini Kembalian pun cukup mudah, para calon sukarelawan cukup datang ke Sekolah Rakyat Ancol 2 pada akhir pekan. “Saat awal terbentuk Ini Kembalian memiliki 30 orang sukarelawan, namun ketika dilakukan pendataan ulang hanya tersisa kurang lebih 15 orang. Menjadi sukarelawan disini mudah, cukup datang saja lalu liat kegiatannya. Kalau cocok ya lanjut,” tutur Fidelia.

Dari pihak Sekolah Rakyat pun menyambut positif setiap kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Ini Kembalian. Pihak sekolah juga sangat mengapresiasi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Komunitas Ini Kembalian. Setiap komunitas atau individu yang datang diharapkan dapat memberi ilmu-ilmu baru kepada anak-anak di Sekolah Rakyat Ancol 2. “Kadang kalau ada mahasiswa datang kami tanya dulu apa tujuannya, saya lebih senang teman-teman yang datang itu memberikan ilmu,” ucap Lukis selaku Guru Matematika Sekolah Rakyat Ancol 2.

 

Lailla Nur Viliansah

Tag:      |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top