Ketersediaan Laboratorium Teknik Kimia Polimer -

Ketersediaan Laboratorium Teknik Kimia Polimer


maulanayusuf.com

lpmindustria.com -Teknik Kimia Polimer kini sudah memfasilitasi laboratorium untuk menunjang praktikum pada tahun 2018. Bahkan, dalam waktu dekat ini akan ada penambahan alat yang berskala pabrik.

Politeknik STMI Jakarta merupakan pendidikan profesional yang diarahkan pada kesiapan penerapan keahlian di bidang Industri. Oleh karena itu, diperlukan beberapa hal penunjang yang salah satunya pengadaan laboratorium sebagai tempat praktikum bagi mahasiswa. Salah satu Program Studi (Prodi) di Politeknik STMI Jakarta yaitu Teknik Kimia Polimer (TKP), telah memfasilitasi laboratorium untuk mahasiwanya. Saat ini, Prodi TKP memiliki empat laboratorium yang terdapat dalam tiga ruangan. “Laboratorium untuk TKP terdapat di Gedung B lantai tiga dan empat. Pada lantai tiga memliki tiga laboratorium dalam dua ruangan, seperti Lab.Praktikum Operasi Teknik Kimia, Lab. Pengujian, dan Lab. Polimer. Sedangkan, pada lantai empat terdapat Lab. Praktikum Kimia Dasar,” ungkap Syaiful Ahsan, selaku Koordinator Laboratorium TKP.

Laboratorium TKP baru bisa digunakan pada mahasiswa TKP angkatan 2017. Sebelumnya, mahasiswa TKP melakukan praktikum di laboratorium Universitas Muhammadiyah Jakarta. Laboratorium ini baru bisa digunakan karena, Prodi Teknik Kimia Polimer mempersiapkan laboratorium secara bertahap. “Dalam mempersiapkan laboratorium, kami melakukannya secara bertahap. Pertama ruangan, setelah ruangan telah siap baru melengkapi alat alat dan terakhir melengkapi bahan bahan,” jelas Syaiful Ahsan.

Dalam menunjang pendidikan yang berfokus dibidang polimer, Prodi TKP akan melakukan penambahan alat yang memiliki skala lebih besar “Tahun ini akan ada penambahan alat yaitu Injection Molding, Alat ini  merupakan alat pemroresan yang berskala pabrik,” jelas Roosmariharso, selaku Ketua Prodi TKP. Dengan adanya penambahan alat berskala pabrik, akan memudahkan mahasiswa untuk terjun di dunia industri. Roosmariharso menambahkan, selain alat pemrosesan akan ada alat pengujian yang didatangkan, seperti alat uji Impact guna melengkapi alat uji tarik yang telah ada sebelumnya. Nantinya Prodi TKP akan terus melakukan berbagai upaya dalam pengadaan alat di laboratorium.

Seorang mahasiswa Teknik Kimia Polimer merasa bersyukur dengan adanya fasilitas laboratorium. “Alhamdulillah sudah punya laboratorium sendiri. Namun, untuk kelengkapannya kurang sih. Maksudnya peralatan untuk praktikum masih sederhana,” Tutur Rensi Weni Yulanda, Mahasiswa TKP 2016. Rensi pun mengharapkan untuk kedepannya ia bisa merasakan praktikum dengan nuansa di pabrik.

Linda Rohmata Sari

Tag:    pendidikan  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top