Citizen Kane, Film Mencari Makna Kata Rosebud -

Citizen Kane, Film Mencari Makna Kata Rosebud


maulanayusuf.com

Judul                   : Citizen Kane

Sutradara            : Orson Welles

Produser             : Orson Welles

Penulis                : Orson Welles & Herman J. Mankiewicz

Pemeran             : Orson Welles, Joseph Cotten, Ruth Warrick, Everett Sloane, George Coulouris, Ray Collins, Agnes Moorehead, Dorothy Comingore.

 

Film Citizen Kane tentang pencarian makna sebuah kata, yaitu ‘Rosebud’. Kata tersebut adalah kata terakhir yang diucapkan oleh seorang pemilik surat kabar di Amerika yang sangat berpengaruh pada masanya. Seorang jurnalis bernama Jerry Thompson (William Alland) memasuki kehidupan Charles Forter Kane (Orson Welles) untuk menemukan makna kata ‘Rosebud’.

Kane lahir dari keluarga sederhana, namun hidupnya berubah saat Ibunya bernama Mary Kane (Agnes Moorehead), menemukan surat berharga dan tambang emas. Harta yang Mary temukan mendorongnya untuk mengirim Kane pergi dan tinggal bersama Walter P. Thatcher (George Coulouris) agar Kane dididik dengan baik. Kane menolak untuk diajak pergi, tetapi Mary tetap memaksanya demi kehidupan Kane yang lebih cerah.

Saat Kane beranjak dewasa, ia hanya tertarik pada perusahaan kecil yang bergerak di bidang surat kabar dibandingkan dengan perusahaan yang lain. Surat kabar tersebut bernama Inquirer. Kane berhasil mengembangkan Inquirer bersama salah seorang sahabatnya, Jedediah Leland (Joseph Cotten). Perkembangan Inquirer yang begitu pesat membawa nama Charles Foster Kane dikenal masyarakat. Melalui Inquirer juga Kane berhasil memanipulasi opini publik mengenai perang antara Spanyol dengan Amerika.

Pada kala itu, Kane menikahi keponakan Presiden Amerika, Emily Norton (Ruth Warrick). Pernikahannya dengan Emily semakin hancur seiring berjalannya waktu. Terutama saat dirinya memiliki skandal perselingkuhan dengan seorang penyanyi amatir dan diketahui oleh istri dan lawan politiknya. Saat itu Kane sedang mencalonkan diri sebagai seorang gubernur, namun dengan adanya skandal tersebut karir politiknya hancur.

Setelah itu Kane menikahi Susan Alexander (Dorothy Comingore), seorang penyanyi yang terlibat skandal dengannya. Selama menjadi istrinya, Susan dipaksa untuk menjalankan karir operanya. Banyak orang yang tidak menyukai suara Susan, salah satunya Jedediah Leland. Jedediah Leland  menulis ulasan buruk mengenai Susan di Inquirer. Namun, Kane bersikeras tidak boleh ada yang menilai Susan buruk. Hingga akhirnya Kane membangun gedung opera yang begitu megah. Merasa dikekang oleh Kane, Susan memutuskan untuk meninggalkannya.

Charles Foster Kane meninggal di Xanadu, istananya dengan tangan yang memegang snow globe dan mulutnya mengucapkan kata Rosebud. Berita mengenai kematiannya banyak terdapat di surat kabar. Kematiannya juga banyak diperbincangkan dunia. Kata terakhir yang diucapkan Kane seakan menyimpan teka-teki yang belum terpecahkan, hal inilah yang menarik seorang Jerry Thompson untuk menggali makna Rosebud.

Pencarian makna dari kata Rosebud membawa penonton untuk menyelami kehidupan Charles Foster Kane. Penonton dibuat untuk menerka-nerka makna dari kata Rosebud hingga akhir film. Lika-liku kehidupan Charles Foster Kane disajikan flashback melalui cerita-cerita orang terdekatnya.

Film ini memiliki dua alur cerita yang tersaji. Pertama mengenai kehidupan Charles Foster Kane dan kedua pencarian makna kata Rosebud. Namun, film yang rilis pada tahun 1941 ini memiliki visual hitam putih sehingga sedikit membosankan mengingat film-film pada zaman kini memiliki visual yang menarik dengan banyak warna. Meski begitu, mengingat alur cerita yang menarik, film ini tetap layak untuk ditonton.

Astri Oktaviani

Tag:    film  |  resensi  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top