Bermain Sambil Belajar Bersama Sekolah Katolik Marie Joseph -

Bermain Sambil Belajar Bersama Sekolah Katolik Marie Joseph


maulanayusuf.com

lpmindustria.com - Festival sering kali diadakan dengan hanya mengambil satu tema didalamnya. Beda halnya dengan Sekolah Katolik Marie Joseph, sekolah ini menyelenggarakan sebuah festival dengan memadukan antara seni, ilmu pengetahuan dan juga teknologi kedalamnya.

Dalam rangka merayakan ulang tahun Sekolah Katolik Marie Joseph yang ke-15, Sekolah ini menyelenggarakan festival yang berjudul ‘Marie Joseph Art, Science and Technology Festival’. Kegiatan ini merupakan pameran seni, sains dan teknologi yang dikemas dalam konsep glow in the dark. Warga sekolah turut andil untuk mendorong keberhasilan festival, bahkan para siswa pun menyumbangkan ide-ide nya. “Dalam pengerjaannya tidak membutuhkan tenaga professional, melainkan warga sekolah. Konsep festival dari Yayasan namun, seiring berjalannya waktu anak-anak memberikan idenya lalu kami tampung untuk dipertimbangkan,“ ucap Laielyn selaku Sekretaris Yayasan. Laielyn juga menambahkan, pengerjaan instalansi hanya memerlukan waktu sebulan.

Pameran yang disajikan pun bermacam-macam, seperti silent disco, Kitchen room, Glowing lab, Intip Klik, Bouncing room, Mushroom dan masih banyak lagi. Magic sea merupakan wahana yang paling banyak diburu pengunjung. “Magic sea ini memiliki layar touch screen didalamnya, jadi ikan yang ada dilayar ketika dipegang akan hilang,” tutur Laielyn. Tidak hanya menikmati ikan yang ada dilayar, pengunjung pun dapat membuat ikan mereka sendiri. “Kami sediakan gambar ikan, lalu pengunjung dapat mewarnai ikan mereka, setelah diwarnai akan discan,” jelas Laielyn

Selain menikmati keindahan seni, terdapat juga ilmu pengetahuan didalamnya. “Waktu itu ke laboratorium ada imitasi amoba dan juga diperlihatkan rancangan alat penggerak,” tutur Ivana Magdalena selaku pengunjung. Selain menyelipkan ilmu pengetahuan, festival ini juga memberikan edukasi tentang teknologi yang mungkin akan masuk kedalam dunia pendidikan, seperti penggunaan ipad di sekolah. “Dalam interaktif screen ini, kami ingin memberikan info kepada orang tua bahwa ipad akan kami bawa ke lingkungan sekolah,” tutur Laielyn

Berkunjung ke pameran tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto, Smas Marie Joseph menyiapkan spot foto untuk para pengunjung seperti intip and klik. Intip and Klik ini merupakan wahana yang berbentuk box. “Intip and klik ada 3 box disetiap lantai dan memiliki tema yang berbeda,” tutur Laielyn.

Pengunjung pun dibuat takjub dengan adanya pemanfaatan botol plastik menjadi sebuah seni. “Saya suka saat melihat botol plastik, gelas plastik yang mereka manfaatkan. Padahal botol plastik sangat susah terurai tetapi mereka mengolahnya menjadi karya yang luar biasa,” kata Ivana Magdalena selalu pengunjung yang merasa kagum. Ivana pun menambahkan, seni dari daur limbah yang sangat disukainya ialah kantong plastik yang diumpamakan menjadi daun di pohon.

Linda Rohmata Sari

Tag:    sekitar-kita  |  seni--budaya  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top