Realita Dunia Pendidikan di Korea Selatan Lewat Drama Sky Castle -

Realita Dunia Pendidikan di Korea Selatan Lewat Drama Sky Castle


maulanayusuf.com

Judul                   : Sky Castle

Pengarang           : Yoo Hyun Mi

Sutradara            : Jo Hyun Tak

Pemeran film       : Yum Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah, Oh Na Ra, Kim Seo Hyung

Jumlah episode   : 20

Distributor           : JTBC

Drama Korea sering kali menarik perhatian, baik di Korea Selatan maupun di negara lain. Salah satu drama Korea yang sedang banyak diperbincangkan adalah Sky Castle. Drama yang bergenre satire dan black comedy ini menggambarkan ketatnya persaingan dunia pendidikan di Korea Selatan. Sky Castle sendiri menceritakan tentang beberapa keluarga yang tinggal di suatu perumahan elit bernama “Sky Castle”. Perumahan elit ini ditinggali oleh keluarga kaya raya dan  sukses. Karena kesuksesannya, setiap orang tua yang tinggal di Sky Castle bersaing agar anaknya menjadi nomor satu di bidang akademik. Mereka akan melakukan berbagai cara agar anaknya masuk universitas ternama dan bisa mengikuti jejak orang tuanya yang sukses.

Diawali dengan berkumpulnya semua keluarga Sky Castle untuk merayakan keberhasilan Park Young Jae yang diterima masuk Kedokteran di Universitas Seoul. Lee Myung Joo, Ibu Young Jae mendapatkan hadiah liburan ke Eropa karena berhasil memasukan Young Jae ke universitas tersebut. Para orang tua pun berlomba untuk bertanya bagaimana caranya Young Jae bisa masuk Kedokteran Universitas Seoul, namun Myung Joo hanya memberitahu cara tersebut kepada Han Seo Jin. Cara tersebut adalah dengan memilih pelatih yang hanya menerima dua orang murid setiap tahunnya. Seo Jin akhirnya mendapatkan pelatih yang bernama Kim.

Tak lama setelah kepulangan Myung Joo dari Eropa, ia ditemukan bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri. Kabar kematian Myung Joo membuat warga Sky Castle bertanya apa penyebab kematian Myung Joo. Setelah kejadian itu, keluarga Young Jae pergi meninggalkan Sky Castle. Perginya keluarga Young Jae mendatangkan penghuni baru, yaitu keluarga Hwang Chi Young  dan  Lee Soo Im serta anaknya. Kedatangan keluarga Soo Im membuat keluarga di Sky Castle kesal karena sikapnya yang menantang kegiatan yang tidak logis di Sky Castle.

Seo Jin sadar bahwa pelatih Kim ada hubungannya dengan kejadian keluarga Young Jae dan ia khawatir akan terjadi hal serupa kepada keluarganya kelak. Namun sang anak, Ye Seo meyakinkan bahwa ia tidak akan seperti Young Jae yang membuat orang tuanya bunuh diri. Pelatih Kim melakukan apa saja untuk meloloskan Ye Seo ke universitas dengan cara legal ataupun ilegal. Tidak hanya Seo Jin, keluarga Sky Castle yang lain juga mempunyai ambisi untuk memasukan anaknya ke universitas terbaik. Masing-masing keluarga diceritakan memiliki latar belakang serta permasalahan yang berbeda-beda.

Bukan hanya ceritanya saja yang menarik, drama Sky Castle juga mampu membuat penontonnya berfikir dalam melakukan segala hal. Penonton diajak untuk tidak memiliki obsesi yang berlebihan dalam mencapai tujuan mereka. Drama ini juga mengajak kita untuk saling mengerti dan memahami bagaimana hubungan keluarga yang baik itu harus dijalani. Walaupun jalan ceritanya dipenuhi dengan konflik yang cukup rumit, para pemain mampu memerankan setiap karakter dengan begitu nyata.

Jika penonton tidak menonton drama ini dari awal, maka tidak akan mudah untuk menyusun keterkaitan antar tokoh. Setiap tokoh memiliki cerita yang saling berkaitan sehingga mempengaruhi satu sama lain. Walaupun drama ini terlihat cukup serius, tetapi Sky Castle juga memberikan adegan komedi yang bisa membuat para penonton tertawa.

Ghina Alima

Tag:    resensi  |  sastra  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top