Budaya Mendongeng bersama Komunitas Ayo Dongeng -

Budaya Mendongeng bersama Komunitas Ayo Dongeng


maulanayusuf.com
Dok. Pribadi

lpmindustria.com - Dewasa ini, masyarakat sudah mulai melupakan tradisi mendongeng untuk anak-anak. Komunitas Ayo Dongeng hadir guna melestarikan kembali budaya dongeng di kalangan masyarakat.

Komunitas Ayo Dongeng berdiri sejak 3 Desember 2011 yang dipelopori oleh Acid dan Nana. Selain untuk melestarikan kembali budaya mendongeng, komunitas ini juga bergerak sebagai media literasi. Mereka mengajak semua golongan untuk belajar cara mendongeng dengan metode yang seru dan sesuai dengan style orang tersebut. “Kami merupakan media literasi untuk orang-orang yang suka mendongeng, sekaligus sebagai media untuk belajar antara anak dan orang tua,” jelas Pandu Wicaksono selaku selaku tim komunikasi komunitas Ayo Dongeng.

Komunitas ini memiliki tujuan untuk mengembalikan kegiatan mendongeng di masyarakat, karena mendongeng memiliki manfaat yang baik bagi anak dan orang tua. “Ayo Dongeng mempunyai visi untuk memgembalikan kegiatan mendongeng. Orang tua bisa menceritakan hal yang baik dengan mendongeng,” jelas Pandu. Komunitas Ayo Dongeng memiliki beberapa kegiatan yang dilaksanakan, seperti kegiatan dongeng kejutan, kelas dongeng, kampanye dongeng, dan festival dongeng.

Komunitas Ayo Dongeng kerap mengadakan event, beberapa waktu lalu event yang diadakan bertempat di Perpustakaan Nasional. “Waktu itu ada event disana karena kita tidak mempunyai tempat khusus dan suka berpindah. Jadi kebetulan ada event dan ternyata Perpustakaan Nasional mendukung komunitas kita,” ungkap Pandu.

Mengingat perkembangan dongeng sendiri yang kian menurun di masyarakat terlebih dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, masyarakat mengaku sangat mendukung adanya komunitas ini. “Komunitasnya bagus, karena sekarang dongeng itu udah jarang sekali ditemui di film atau di buku. Komunitas ini membantu kita khusunya anak-anak untuk mendongeng,” ungkap Stephanie, masyarakat yang menyayangkan mundurnya eksistensi dari dongeng.

Pandu berharap komunitas ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan orang tua dapat menyampaikan nilai-nilai kebaikan melalui mendongeng. ”Komunitas ini berharap agar kampanye mendongeng dapat berhasil untuk menjadikan semua orang bisa mendongeng. Semoga orang tua di Indonesia dapat mendongeng untuk anak-anaknya dan menjadikan dongeng sebagai kebiasaan sehari-hari,” ucap Pandu Wicaksono.

Mutiah Kusuma Sari

Tag:    komunitas  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top