Pentingnya Kesehatan Mental bersama Komunitas Sehat Mental -

Pentingnya Kesehatan Mental bersama Komunitas Sehat Mental


maulanayusuf.com
Dok. Pribadi

lpmindustria.com - Stigma mengenai gangguan kesehatan mental di Indonesia kerap kali terjadi di Indonesia. SehatMental.id hadir untuk menghilangkan stigma tersebut dalam masyarakat.

SehatMental.id merupakan komunitas yang didirikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental melalui media digital. Komunitas ini didirikan oleh Ade Binarko yang dibantu dr. Rama Giovani dan Vivid. Berdirinya komunitas ini dilatar belakangi oleh panic disorder yang dialami oleh salah satu pendiri komunitas, yaitu Ade Binarko. Saat itu belum ada komunitas kesehatan mental yang sesuai dengan gangguan mental yang dimilikinya, sehingga ia membuat komunitas ini. “Tadinya saya coba ikut acara komunitas seperti Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI). Ternyata itu bukan saya, penyakitnya sudah yang berat-berat sampai halusinasi.  Saya lihat belum ada yang bikin, makanya saya bikin,” tutur Ade Binarko, salah satu pendiri SehatMental.id

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini adalah konseling melalui lmedia social seperti line. “Disitu kita membantu teman-teman yang punya masalah untuk curhat dan sharing masalahnya. Kita bantu mereka kalau ada masalah bersama para peer counselor, yang mana itu mahasiswa psikologi, psikolog, dan psikiatri,” jelas Ade.

Komunitas yang telah berdiri sejak awal Maret 2015 ini mempunyai acara Mental Health Festival yang rutin diadakan satu kali dalam setiap tahun. Kegiatan ini diadakan saat atau mendekati Hari Kesehatan Jiwa Seluruh Dunia di tanggal 10 Oktober. “Acaranya variatif. Ada talkshow, free counseling,  free mental check-up,  ada booth komunitas lain yang bisa membantu mereka, dan stand up komedi tentang kesehatan, serta acara musik,” ucap Ade.

Ketika awal pendiriannya, komunitas ini mendapatkan kendala karena kurang mendapat sambutan dari masyarakat. Hal ini dikarenakan masih sangat melekatnya stigma mengenai gangguan mental yang ada di dalam masyarakat. "Kendalanya waktu itu kan tahun 2015 belum seperti saat ini, masyarakat masih tabu," kata Ade.  Namun, saat ini komunitas SehatMental.id telah mendapat antusias yang cukup baik dari masyarakat. "Menurut saya komunitasnya bagus. Apalagi komunitas kesehatan mental kan masih kurang. Cuma yang jadi permasalahannya, ini kan konsultasinya melalui chatting jadi pakai kata-kata dan kadang itu jadi simpang siur terkait penyampaian konsultasinya," ujar Caroline, salah satu mahasiswa.

Artha Julia

Tag:    komunitas  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top