LPM Industria - Gaya Hidup Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional




Batik merupakan teknik mewarnai kain dengan cara menutup kain dengan malam atau lilin. Batik merupakan salah satu budaya yang ada di nusantara sejak lama. Batik memiliki banyak motif dan makna yang berbeda beda, serta tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Hari Batik Nasional ditetapkan sebagai hari perayaan untuk memperingati batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Adanya klaim dari negara tetangga menjadi latar belakang Indonesia mengajukan batik sebagai warisan dunia. Batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Suharto pada saat mengikuti konferensi PBB. Seiring berjalannya waktu, tahun 2008 pemerintah Indonesia mendaftarkan batik ke dalam jajaran Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO. Hingga resmi diterima pada 9 Januari 2009.

Tanggal 2 Oktober 2009 berdasarkan keputusan UNESCO, secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia internasional. Ini juga diperkuat dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, pada periode pemerintahan presiden SBY.

Oleh karena itu, marilah bersama menjaga dan melestarikan batik dengan cara mempelajarinya, serta memiliki rasa bangga saat mengenakan produk batik nasional karya anak bangsa.

#haribatiknasional

Join us 📲 
Ig: lpmindustria
Line: @xxb5521p 
Facebook: LPMIndustria
Twitter: @LPMIndustria
Website: www.lpmindustria.com



TULIS KOMENTAR

Top