Terjadi Kelangkaan VGA, NVIDIA Berencana Merilis VGA Khusus Mining -

Terjadi Kelangkaan VGA, NVIDIA Berencana Merilis VGA Khusus Mining


maulanayusuf.com
Foto : nvidia.com

lpmindustria.com - Pelonjakan harga Bitcoin, memicu kelangkaan VGA yang diborong oleh para miner. Untuk mengatasinya, NVIDIA berencana mengeluarkan VGA khusus mining bernama CMP HX Series. Namun, hingga saat ini, VGA ini masih belum dirilis.

Melansir dari Kompas.com, Bitcoin adalah cryptocurrency atau mata uang digital yang sedang ramai diperbincangkan dan dikabarkan terus mengalami kenaikan harga. Dikabarkan bahwa satu keping Bitcoin setara dengan 647 juta Rupiah. Nilai yang semakin tinggi membuat banyak orang tertarik dengan uang digital. Hal ini menyebabkan aktivitas mining (baca: menambang) untuk mendapatkan Bitcoin marak dilakukan. Semakin banyak orang yang menambang Bitcoin, semakin banyak pula permintaan perangkat yang dibutuhkan.

Dijelaskan pada laman valuemarkets.com, proses mining Bitcoin bermula dari blockchain di mana semua transaksi Bitcoin dicatat atau direkam. Setiap ada proses transaksi yang terjadi, Bitcoin miner bertugas memverifikasi dan mencatat setiap transaksi yang dibuat. Jadi, penambang akan menganalisis transaksi dan menambahkan blok berikutnya pada blockchain. Untuk melakukan ini, mereka memasukkan transaksi ke dalam blok. Lalu dilanjutkan dengan memecahkan masalah komputasi atau biasa disebut ‘proof of work’ dengan memberi kode pengenal yang disebut dengan ‘hash’.

Dilansir dari idntimes.com, proses mining Bitcoin membutuhkan Personal Computer (PC) dengan kinerja Graphic Processing Unit (GPU) terbaik pada Video Graphics Array (VGA). Dengan demikian, kebutuhan akan VGA menjadi cukup tinggi. Mengutip dari  laman Kompas.com, kedua VGA NVIDIA Geforce RTX 3080 dan 3090 langsung diserbu oleh peminat  saat mulai dijual ke pasaran, sehingga kedua VGA tersebut menjadi langka. Jensen Huang selaku Chief Executive Officer (CEO) NVIDIA mengatakan bahwa kelangkaan tersebut terjadi karena permintaan yang membludak, bukan masalah pasokan barang.

Karena maraknya penambangan Bitcoin dijelaskan dalam laman Kompas.com bahwa NVIDIA memperkenalkan VGA baru khusus mining yang bernama Cryptocurrency Mining Processor (CMP). Model CMP yang akan dikeluarkan oleh NVIDIA antara lain CMP 30 HX, 40 HX, 50 HX, dan 90 HX. Berdasarkan informasi dari situs web resmi NVIDIA, CMP HX Series disebut memiliki desain untuk operasi mining profesional, optimasi untuk performa mining terbaik, dan tersedia dari partner resmi seperti ASUS, Colorful, EVGA, Gigabyte, MSI, Palit, dan PC Partner.

Untuk melihat perbedaan fitur pada VGA khusus mining ini terlihat ketika dibandingkan dengan beberapa spesifikasi pada CMP HX Series dan Geforce RTX 30 Series. Pertama, memori yang dimiliki Geforce RTX 30 Series masih lebih unggul daripada CMP HX Series. Ukuran memori CMP HX Series berkisar antara 6 GB hingga 10 GB, sedangkan pada Geforce RTX 30 Series di antara 8 GB hingga 24 GB.

Selanjutnya, CMP HX Series membutuhkan daya yang berkisar antara 125W sampai 320W sedangkan Geforce RTX Series antara 200W sampai 350W. Dengan begitu dapat disimpulkan tipe tertinggi dari CMP HX Series tidak lebih boros listrik daripada tipe tertinggi Geforce RTX Series.

Jika berbicara soal daya, kedua seri NVIDIA ini memiliki kesamaan pada konektor dayanya yaitu menggunakan 1x8-pin untuk seri CMP 30HX dan 40HX serta Geforce RTX 3070 dan RTX 3060 TI. Lalu memakai 2x8-pin untuk seri CMP 50HX dan 90HX serta Geforce RTX 3080 dan RTX 3090.

Adapun selanjutnya, dikabarkan dari website resmi NVIDIA yang menyebutkan CMP 30 HX dan CMP 40 HX akan rilis pada kuartal pertama tahun 2021, dan untuk CMP 50 HX dan CMP 90 HX akan rilis pada kuartal kedua tahun 2021. Namun hingga artikel ini ditulis (17/03/21), CMP 30 HX dan 40 HX belum juga dirilis dan belum ada kabar pasti mengenai tanggal rilis VGA khusus mining ini.

Penulis: Bagus Nurcahyo
Editor: Ela Auliyana

 

Tag:    bitcoin  |  cmp  |  gpu  |  internasional  |  mining-bitcoin  |  nvidia  |  peristiwa  |  rtx-30  |  teknologi  |  


BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

Top